Upacara Ngeben Masal Gratis di Jungutbatu



pertama kali upacara ngeben masal gratis di Nusa Penida (foto/tudesi)

JUNGUTBATU, Gempuran dunia pariwisata tak menyurutkan warga Desa Pakraman Jungutbatu menyelenggarakan upacara ngaben masal. Sebagai destinasi pariwisata dunia, warga semakin kuat memegang teguh warisan budaya yang telah diwariskan. 

“ upacara ngeben kali ini semua biaya ditanggung oleh Desa Pakraman dibawah naungan LPD. Ini salah satu trobosan baru penyelenggaraan secara gratis kepada masyarakat. Pengabdian dan penghormatan terhadap leluhur menjadi kewajiban kita semua tak terkecuali, “ kata Bendesa Jungutbatu I Ketut Gunaksa, Kamis (5/11).

Dia mengatakan upacara ngeben masal ini puncaknya dilaksanakan kemarin (4/11).  Dana yang dikucurkan sebanyak 1,2 m dengan rincian upacara selain ngeben masal antara lain atma wedana (ngeroras), metatah, ngeruwat dan sapu leger secara gratis pertama kali diikuti sebanyak 59 sawa diiringi bande 3 dan lembu maupun singa 14, “ terangnya.

Menurutnya, program yang diluncurkan oleh Desa Pakraman terhadap masyarakat tidak semata upacara. Pembangunan fisik dan non fisik menjadi sekala prioritas pembangunan. Membangkitkan kerakter masyarakat terhadap pelestarian budaya seperti membangkitkan sekaha shanti, sekaha tabuh dan tari, dan lain-lainnya. 

Penjuru, pecalang, pemangku yang merupakan perangkat desa pakraman mendapatkan jaminan kesehatan. Jaminan kesehatan diberikan agar perangkat desa benar-benar dalam kondisi sehat melayani masyarakat.

“ Upacara ngeben ini merupakan kewajiban bagi para sentananya. Disamping itu juga mempererat rasa kebersamaan serta menjalin silahturahmi antar keluarga. Selama ini disibukan akan aktifitas masing-masing , dengan berkumpulnya semua keluarga melepas kangen. Mudah-mudah upacara ngeben mendapatkan kemudahan kita bersama , “ tuturnya.

Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.