Petani Berang, Pihak PU Kurang Sosialisasi Penebangan Pohon




petugas PU bersihkan ranting pohon yang mengganggu jalan (foto/yansu)

NUSA PENIDA, sepanjang jalan timur Pura Batumedawu ranting pohon melewati badan jalan. hal ini menyebabkan para pengguna jalan merasa terganggu. Berdasarkan hal itu petugas UPT PU Nusa Penida membersihkan ranting pohon yang melewati jalanan. Pembersihan difokuskan di daerah Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida.

Minim sosialisasi menyebabkan para petani keberatan. Pasalnya pohon yang ditebang tersebut merupakan pakan sapi. Seperti pohon mangga, waru, dan mahoni. Menurut I Ketut Jagra, Jumat (13/11) mengatakan penebangan pohon yang bagi petani bernilai ekonomi sebaiknya dikoordinasikan dulu. Agar bisa diberikan masukan bagaimana sebaiknya. Tidak main tebang saja", harapnya.

Jagra berterimakasih atas upaya pembersihan jalan ini termasuk kelapanya yang kena radius 1.5 meter dipersilakan ditebang, namun ia berharap adil. Adil maksudnya sepanjang jalan yang akan dibersihkan juga dilakukan penebangan yang sama termasuk menebang kelapa yang kena radius 1.5 meter kiri kanan jalan. Sehingga jalan tidak bersih disuatu titik saja tetapi sepanjang ruas yang akan dibersihkan.
Mengingat sekian tahun pembersihan jalan akan pohon pengganggu baru gencar-gencar dua tahun belakangan, karena dulunya semak dan prasi yang tumbuh di jalan-jalan dibiarkan liar sampai rimbun menutup sepanjang jalan di Nusa Penida.


menuju Dusun Semaya nampak sekitar 6 orang sedang membersihkan jalan. Mereka menebang pohon yang ada di kiri kanan jalan. Terlihat yang ditebang adalah pohon mangga,waru dan mahoni.

Ketika dikomfirmasi Kepala UPT. PU Nusa Penida  I Nyoman Suarta menyatakan kami sudah komfirmasi kepada pemilik lahan namun hanya sebatas via pesan saja.
Suarta memaklumi kejengkelan petani dan ia meminta maaf karena belum konfirmasi dan berjanji akan memberlakukan adil dalam penebangan pohon di sepanjang jalan yang akan dibersihkan.
"Mohon maaf kami belum sempat konfirmasi karena dalam pembersihan kami biasa juga begitu, langsung saja atau konfirmasi di tempat tanpa ke rumah pemilik lahan. Untuk penebangan pohon sepanjang jalan yang akan dibersihkan kami mohon waktu, termasuk kelapa yang kena 1,5 meter di kiri kanan jalan", jelasnya.

Pembersihan jalan-jalan diseputar jalan di Nusa Penida dilakukan karena semakin banyaknya wisatawan. " Kami membersihlan jalan menuju Semaya ini karena ada pengaduan dari masyarakat yang mengganggu lalu lintas wisatawan, padahal kami sedang pembersihan di kawasan Ped, kami pindah kesini karenanya", imbuhnya.


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.