Polres Klungkung Buka Pelayanan SIM Di Nusa Penida


Hadir pada Launching tersebut adalah Kasi Sim Dit Lantas Polda Bali Kompol. Putu Sugiartini, Waka Polres Klungkung Kompol. AA. Gede Mudita SH, Kabag Ren Polres Klungkung Kompol. Dewa Ketut Darma A, Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede  Putra Mahajaya, Kepala Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya, Kepala Desa Ped Ketut Karya dan Kepala Desa Sekartaji Made Carma.(foto/hmspolresklk)

NUSA PENIDA, Masyarakat Nusa Penida menyambut baik dibukanya pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Selama ini warga masih sulit membuat SIM lantaran harus menyeberang ke Klungkung daratan.


“ kami (Kepolisian Resor Klungkung-red)  mempermudah bagi Masyarakat Nusa Penida untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), dengan cara menyiapkan sarana dan prasarana serta personil yang membidangi SIM bertugas di Nusa Penida, dengan istilah SIM kommonity Nusa Penida, SIM komonitas ini diberikan kepada Masyarakat yang sudah berusia 17 tahun keatas, “ kata Kapolres Klungkun AKBP FX. Arendra Wahyudi SiK saat melauncing SIM Kommonity Nusa Penida, bertempat di Kantor Pelayanan SIM Commonity Nusa Penida (Kantor Polsek Lama ), ditandai dengan pemukulan gong, Minnggu, (15/11).


Menurutnya, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat terkait dengan SIM, disamping itu untuk mempermudah bagi Masyarakat Nusa Penida untuk mendapatkan SIM, agar tidak jauh-jauh datang kedaratan.


Lebih lanjut, Kapolres mengatakan program SIM kommonitas ini juga sebagai bentuk kerjasama Masyarakat Nusa Penida dengan Satuan Lalulintas Polres klungkung, karena banyaknya permintaan SIM dari Masyarakat Nusa Penida. Selama ini Masyarakat mengaku kesulitan untuk mendapatkan SIM karena keterbatasan waktu untuk datang kedaratan.


“ Kegiatan ini untuk menunjang kelancaran pariwisata di bidang transportasi di Nusa Penida saat ini hampir 10 ribu jumlah kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat yang ada di Nusa Penida sebagian besar untuk mengangkut wisatawan, untuk itu lengkapilah diri anda dengan SIM kalau mau mengemudi atau membawa sepeda motor, “ terangnya.


Diharapkan setelah mendapatkan SIM ini masyarakat terutama kaum muda tidak lagi ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraan roda dua, maupun empat, taat akan ketentuan, seperti memakai helm dan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, “ pintanya.


Menurut Kasat Lantas Polres Klungkung AKP. I Gusti Nyoman Wintara pelayanan sim Kommonity Nusa Penida ini akan dilaksanakan 4 kali dalam sebulan yaitu minggu pertama dan minggu ke tiga, setiap hari sabtu dan minggu. Hari Sabtu mulai buka dari jam 14.00 Wita s/d 17.00 Wita dan hari Minggu mulai buka jam 07.00 Wita s/d 13.00 Wita.



dia mengatakan persyaratan untuk mendapatkan SIM adalah persyaratan administrasi dengan terlebih dahulu mengisi pormulir, keterangan sehat baik jasmani dari Dokter, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor serta minimal usia sudah mencapai 17 tahun.


“ program seperti ini sudah sangat bagus dilakukan sebagai bentuk pelayanan Kepolisian terhadap masyarakat, sehingga tidak jauh-jauh dari Nusa Penida untuk mengurus SIM ke Polres. Jadi sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada pihak Polres Klungkung yang telah membantu kami untuk mendapatkan SIM, “ ujar Perbekel Lembongan I Ketut Arjaya.(hmspolresklk)






Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.