Pengelolaan APBDES Perangkat Desa Diberi Bimtek


aparat desa bimtek pengelolaan APBDES (foto/sjd)

BATUNUNGGUL, Cururan dana APBDES besar pengelolaan membuat aparat desa mengkerutkan dahi. Rasa binggung, bimbang serta was-was benak untuk peruntukan masyarakat.


Melihat hal tersebut, perangkat desa se-kecamatan Nusa Penida Bimbingan Teknis (bimtek) pengelolaan dana desa/APBDES di kecamatan Nusa Penida digelar di ruang rapat UPT Terpadu, Minggu (22/11).


Acara tersebut dibuka langsung camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, SSTP. Dalam arahanya perangkat desa dalam pengelolaan nanti harus sesuai dengan aturan main agar benar-benar bermanfaat kepada masyarakat.
“ saya sangat berterima kasih kepada Poleteknik Negeri Bali menggelar bintek di Nusa Penida dan pertama di Provinsi Bali. kami berharap kegiatan ini harus  berkelanjutan secara optimal menyalurkan kepada masyarakat, “ ujarnya.


Menurut narasumber Bimtek dari Politeknik Negeri Bali I Wayan Karma menjelaskan meteri yang diberikan peserta berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penguatan usaha, pelaporan hingga pertanggungjawaban dari APBDES mencakup Alokasi Dana Desa (ADD),  pendapatan asli desa dan penunjang lainya. Kemanpuan sumberdaya tidak merata di desa kuncinya menyatukan visi etos kerja sesuai dengan aturan.


“ paham dulu bagaimana pengelolaan dana tersebut yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat demi kemajuan desa, “ terangnya.
Sementara peserta Desak Gede Purwaningsih, bimtek sangat memberikan pemahaman dan paham  bagaimana menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat. Acuan tersebut memberikan angin segar buat kami untuk melangkah selanjutnya.



Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.