Kesurupan Masal, SMP Negeri I Nusa Penida Gelar Mecaru






pasca kesurupan masal SMP Negeri I Nusa Penida gelar mecaru di lingkungan sekolah (foto/sjd)

  BATUNUNGGUL,  Kesurupan masal yang terjadi di SMP Negeri I Nusa Penida beberapa waktu mengakibatkan terganggu proses belajar dan mengajar. Kesurupan ini tidak hanya sekali tapi berturut-turut terjadi.

Sehingga pihak sekolah mengambil langkah cepat dengan berkordinasi dengan tokoh masyarakat, pemangku dan komite sekolah. Hasil rapat tersebut, pihak sekolah matur piuning kepada pihak sulinggih. Dari hasil tersebut pembersihan secara niskala dan sekala dilakukan upacar mecaru pada rahina Tumpek Wayang, Sabtu (7/11).

Hal ini dibenarkan Kepala Sekolah SMP Negeri I Nusa Penida I Putu Indrajaya mengatakan upacara mecaru yang menggunakan  dana sumbangan sukarela dari pihak orang tua siswa dan komite sekolah. Dua tempat mecaru panca mustika sane di jeroan (padmasana sekolah) sedangkan di pekarangan sekolah panca sata, citra maya sapuh au melibatkan dari pihak guru, pemangku dan kelian banjar Batununggul, “ tuturnya.

“ semoga melalui upacara pembersihan ini secara sekala dan niskala mendapatkan keselamatan siswa dan guru dan tidak ada lagi gangguan secara niskala agar proses belajar dan mengajar kembali normal kembali selanjutnya, “ harap Indrajaya.

Indrajaya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang secara sukarela membantu proses berjalannya upacara.

Upacara ini dipuput oleh Ida Pandita Rsi Bagawan Dharma Cadhu Siddhi dari Geria Karangsari, Nusa Penida. 

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.