Warga Minta Kapal Roro Segera Beroperasi



 kapal Roro Nusa Jaya Abadi (dok.waklaba)

Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Kapal Roro Nusa Jaya Abadi keberadaan sangat pital bagi masyarakat Nusa Penida. Salah satu andalan masyarakat baik untuk menyeberang maupun mengangkut barang dari Padangbai menuju Nusa Penida. Kapal plat merah yang dimiliki Pemkab Klungkung, yang docking mulai16 November yang seharusnya selesai sebulan 16 Desember 2014 tapi sampai hari ini tak kunjung datang.

Berbagai permasalahan silih berganti mengantui kapal roro. Dari proses tender docking berlarut-larut hingga molor. Pada saat hari raya Galungan tidak beroperasi padahal saat hari raya puncak penumpang berlipat-lipat. Masyarakat pun menanti-nanti kapal roro.

Warga sangat kecewa sampai saat ini kapal tidak jelas kapan akan beroperasi lagi. Jangankan docking , dermaga saja rusak di Padangabai krodit tidak bisa dihindari. Perekonomian Nusa Penida sangat berdampak. Harus ada kejelasan docking baik dari sisi tender , docking harus sesuai dengan ketentuan, “ kami berharap secepatnya Kapal Roro beroperasi, guna mengurangi krodit serta enstabilkan perekonoia , “ kata I Dewa Made Suarjana , Minggu (21/12/2014).

Hal yang senada I Made Martawan kapal roro salah satu tumpuan masyarakat. Dari awal kapal roro beroperasi, setiap docking tidak ada kejelasan prosesnya terutama proses docking. Docking satu bulan , nyatanya sampai saat ini tidak kunjung datang. Apa yang terjadi ?.  kami berharap agar proses docking kedepanya harus ada kejelasan yang pasti, “ ujar Bendesa Desa Pakraman Kutampi.

Sementara Ketua Forum Perbekel Nusa Penida I Nyoman Murta mengatakan agar secepatnya Kapal Roro beroperasi melayani masyarakat Nusa Penida, paling tidak awal Januari 2015. Harus digenjot, selama prsoses docking semua kebutuhan pokok sudah naik. Setidaknya H-3 Hari Raya Kuningan harus beroperasi , karena lonjakan kebutuhan pokok maupun mudik tinggi, “ terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.