Program Gerbangsadu Dua Desa Ditinjau Langsung Gubernur Bali



penyerahan beras secara simbolis Guberbur Bali Made Mangku Pastika kepada RTM dua desa di Nusa Penida (foto/SJD).
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Minggu (28/12/2014) meninju program Gerakan Pembangunan Desa Terpadu (Gerbangsadu) Mandara di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, sebagai salah satu mengoptimalkan pelaksanaan program unggulan. 

Mantan Kapolda Bali datang tepat pkl. 10.00 wita berangkat dari Pelabuhan Benua menuju Toyepakeh yang disambut langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Camat Nusa Penida I Ketut Sukla.

Iring-iringan robongan menuju kantor Desa Ped, sebagai salah satu desa yang telah menerima dana Gerbangsadu Mandara sebesar Rp. 1,02 miliar. Dalam acara tersebut Pastika menyempatkan diri bertatap muka dengan warga dan perangkat desa.

“ Masyarakat harus aktif berkreasi dengan memanfaatkan potensi yang ada di Desa Ped. Pohon kelapa di sini banyak  yang selama ini belum digarap dengan maksimal. Kenapa kita tidak memanfaatkan saja. Sebetulnya pohon kelapa punya nilai plus yang bisa kita manfaatkan seperti buahnya bisa dimanfaatkan minyak kelapa, tempurungnya bisa dimanfaatkan jadi kerajinan sementara janurnya bisa dijadikan capil “ topi yang terbuat dari janur kelapa”, “ terang Pastika.

Dia berujar ini bisa terwujud apabila ada kerja sama antara pemprov, pemkab serta dukungan masyarakat sendiri. Serginitas semua pihak sangat diperlukan, misalnya dengan menyiapkan pelatihan bagi masyarakat secara langsung. Dengan demikian akan mampu menciptakan sebuah nilai tambah yang berdaya guna, sehingga angka kemiskinan semakin berkurang, “ harapnya.

sebelum balik ke Denpasar Gubernur Bali berbincang dengan Bupati Klungkung terkait potensi Nusa Penida (foto/SJD)
 
Sementara Perbekel Desa Ped I Ketut Karya dalam laporannya mengenai pelaksanaan program Gerbangsadu yang dianggarkan tahun 2013 menyatakan dari jumlah 1.059 KK terdapat 421 KK miskin telah berkurang menjadi 331 KK. Pengurangan KK miskin bisa tercapai berkat bimbingan secara maksimal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Provinsi Bali.
Karya menyatakan total bantuan Gerbangsadu yang dikucurkan sebesar Rp.1,02 miliar telah diperuntukan Rp.20 juta untuk biaya operasional, pembangunan infrastruktur berupa pasar desa sebanyak Rp.200 juta, untuk usaha simpan pinjam kepada masyarakat senilai Rp.700 juta dan sisanya lagi Rp.100 juta untuk simpan pinjam usaha dagang. Plafon pinjamana maksimal Rp.5 juta yang diperuntukan untuk KK miskin dengan bunga 1 % menurun. Sebagian besar dana tersebut digunakan untuk pengembangan rumput laut serta usaha informal lainya, tapi sampai saat ini belum digunakan untuk usaha di bidang kerajinan, “ katanya Karya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sembako kepada seluruh RTM yang ada di Desa Ped yang penyerahannya diwakilkan oleh Kepala BPMPD Provinsi Bali, I Ketut Lihadnyana.

Sehabis kunjungan di Desa Ped rombongan menuju Desa Kutampi Kaler meninjau Gerbangsadu juga. Peninjauan selesai, acara penutupan diserahkan bantuan beras seluruh RTM yang ada di Desa Kutampi Kaler yang diserahkan langsung Gubernur Bali. 

Oleh : Santana Ja Dewa 

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.