Jelang Galungan , Kapal Roro ditunda Berlayar



Kapal Roro Nusa Jaya Abadi saat melayani penumpang (foto/dok.waklaba)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan atensi warga Nusa Penida yang berada di perantuan Denpasar dan sekitarnya mudik menuju Nusa Penida. Sejumlah penyeberangan menuju Nusa Penida sejak pagi sudah dijejaki penumpang mulai Minggu 14 Desember.

Namun persiapan penyeberangan yang melayani peyeberangan dari Pelabuhan Padangbai menuju Nusa Penida menggunakan jasa Kapal Roro Nusa Jaya Abadi , belum siap beroperasi. Rencananya hari ini akan berlayar dari galangan kapal di Surabaya.

Lonjakan penumpang sudah terjadi sejak H-3, alhasil Kapal milik Pekab Klungkung tidak siap mengantisipasi lonjakan penumpang. Kadis Dishubminfo Klungkung I Nengah Sukasta saat dikomfirasi , Senin (15/12/2014) mengatakan keberangkatan dari galangan kapal di Surabaya ke Nusa Penida ditunda kerena terbentur belum mendapat surat keterangan terakhir dari Badan Klasifikasi Indonesia (BKI). Sementara docking kapal roro sudah selesai 13 Desember. Dari pihak BKI belum bisa melakukan pengecekan terkahir kerana hari libur. Dari pengecekan tersebut , baru bisa BKI menertibkan surat keterangan kondisi kapal sebelum berlayar menuju Nusa Penida melayani penumpang.Kapal Roro diperkirakan baru akan melayani penyebrangan mulai 16 Desember besok, “ katanya.

Penyeberangan Kapal Roro terpaksa ditunda sehari, karena surat keterangan belum ditandatangani terbentur hari libur. Proses docking yang lambat dan berbeli-belit dinilai terlambat yang seharusnya proses ini sudah berlangsung docking selesai sebelum seminggu hari raya Galungan dan Kuningan. Sebelumnya kapal roro docking sejak 14 November lalu. Arus mudik yang berlipat-lipat , seharusnya kapal roro datang sehari penampahan , namun datang saat penampahan, “ imbuh Sukasta.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.