Tari Baris Pati Penolak Bala di Batumulapan


Tari Baris Pati Batumulapan (foto/sjd)

BATUNUNGGUL, Tari wali beragam terdapat di kecamatan Nusa Penida yang diperuntukan untuk persembahankan keseimbangan semesta. Seperti Tari Baris Pati Desa Pakraman Batumulapan, tari tersebut sangat spesial dipentaskan baik piodalan pura Kahyangan Tiga maupun saat terjadi wabah atau musibah.

Menurut Bendesa Pakraman Batumulapan I Wayan Sweca saat ditemui di Pura Dalem Setempat, Rabu (1/3). Tari Baris Pati merupakan tari wali yang dikhususkan untuk persembahan penguasa semesta yang sudah diwariskan hingga sekarang. Aura tari ini terpancar saat penari manarikan walaupun dari semua personil tidak sama sekali mempunyai skil menari.

" penari tidak ada kemampuan menari mengalir saja saat pementasan disana nilai aura sakral, " kata Sweca yang baru menjadi Bendesa Batumulapan.

Personil penari yang dilibatkan sesuai dengan kondisi dengan dua panglima mulai dari 10 hingga 12. Tari Baris Pati, lebih lanjut I Wayan Sweca mengatakan tari ini mengambarkan sebuah prajurit yang gagah berani menjaga wilayah agar terhindari dari malapetaka. Tari tersebut dipentasakan saat piodalan pura kahyangan tiga, jika ada permintaan dari panitia pura Sad Kahyangan Jagat dipentaskan.

Anehnya gerakan tari diluar pakem tari Bali pada umumnya. Gerakan sederhana tapi sulit ditarikan. (*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.