Perkembangan Pariwisata Nusa Penida Es Batu Jadi Celah Bisnis


Dewa Umar ngepak es batu (foto/yansu)


BATUNUNGGUL, Dunia usaha tumbuh subur seperti tumbuhan disiram air hujan begitu juga dengan dampak perkembangan pariwisata Nusa Penida. Efek domino gayung bersambut warga berbenah diri menari celah peluang usaha. Tak terkecuali warga banjar Geria Tengah, Desa Batununggul I Dewa Gede Suksma Juleana. Pesatnya usaha penginapan dan rumah makan kebutuhan logistik tersebut salah satunya es batu. Bagi dirinya sebagai putra daerah harus berani melakukan sesuatu agr tidak jadi penonton setidaknya mendapat bagain kue pariwisata.

Menurutnya, pokok utama yang dihadapi yakni masalah air. Distribusi air kran PDAM sedikit asin berpengaruh hasil tapi air hujan solusi yng tepat sebagai pengganti disamping hasilnya lebih bening dan mengcrystal.

Pria yang lebih dikenal Dew Umar usaha pembuatan es batu yang sudah mensuplay warung, restaurant maupun bar yang kini menjamur di Nusa Penida. Ia  memulai bisnis yang baru digelutinya hampir sebulan bisa memproduksi 100 kg sehari.

"Sehari bisa memproduksi 100 kg dan secara hitungan kasar bisa mencukupi kebutuhan warung, restauran dan bar yang tersebar di Nusa Penida," ucapnya.

Dibawah bendera Tunjung Icetube adalah merk es yang saya produksi. Dijamin hygienis karena melalui serangkaian proses penyaringan dan sterilisasi, kami pun memakai air hujan sebagai air baku.

"Karena menggunakan air PDAM kadar kapurnya tinggi banyak yang protes warna esnya putih dan mudah patah", tutur Dewa Umar.(*)



 Adalah Dewa UMar Mia memulai bisnis yang baru digelutinya 2 minggu lalu. Ia mengaku mesinnya bisa memproduksi 100 kg sehari.

"Sehari bisa memproduksi 100 kg dan secara hitungan kasar bisa mencukupi kebutuhan warung, restauran dan bar yang tersebar di Nusa Penida."

"Tunjung Icetube adalah merk es yang saya produksi. Dijamin hygienis karena melalui serangkaian proses penyaringan dan sterilisasi, kami pun memakai air hujan sebagai air baku."

"Karena menggunakan air PDAM kadar kapurnya tinggi banyak yang protes warna esnya putih dan mudah patah", tutur Dewa Umar


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.