Kletur Tunjukkan Kelebihan Di Utsawa Dharmagita


I Wayan Pica (Klitur) saat bertemu dengan Bupati Klungkung mohon doa restu mengikuti lomba utsawa dharmagita bagi kalangan orang cacat di ruang kerja Bupati (foto/yansu)

Klungkung (waklaba.blogspot.com)
Sosok I Wayan Pica yang akrab dipanggil Kletur lelaki asal Dusun Ampel Desa Pejukutan Nusa Penida ini. Dengan tubuhnya yang kecil ia memiliki mental untuk menunjukkan kebolehannya kepada siapapun. Walaupun sebagai penyandang cacat karena tidak memiliki tangan dan kaki yang normal, Kletur tidak pernah berkecil hati.
Terbukti kepandaian mekekidung membuat ia diundang oleh warga sekitar Nusa Penida pada upacara Manusa Yadnya maupun Dewa Yadnya. Anehnya lagi banyak warga mesesangi atau berkaul kalau lahir anaknya sesuai harapan akan mengundang Kletur mekekidung. Kepiawiannya ini sudah tersohor di kalangan warga Nusa Penida.
Bakat mekekidungnya Kletur dilihat oleh Bupati Klungkung saat kunjungan kerja di Nusa Penida. Disana Kletur dilihat Bupati bisa mekekidung dengan baik dan memiliki mental yang berani. Sehingga bupati Klungkung I Nyoman Suwirta hendak melibatkan dan menampilkan kelebihan Kletur dalam berbagai kegiatan kebudayaan khususnya mekekidung Bali. "Beliau Pak kletur memiliki kelebihan walau dengan kekurangannya, sehingga layak kelebihannya ditampilkan tanpa harus menjadikan kekurangannya sebagai lawakan, ujar Suwirta saat dikomfirmasi Sabtu (14/2).
Tepat dalam rangka hari ulang tahun Kota Denpasar dalam perlombaan kesenian bagi penyandang cacat Kletur dilibatkan dalam lomba utsawa dharmagita sebagai duta Kabupaten Klungkung. Kletur akan menunjukkan kelebihannya di Denpasar mekekidung Geguritan Bali yang sudah biasa ia lakoni. Ditemui di Kantor Bupati untuk mendapat dukungan moral Bupati Klungkung, Kletur yang didampingi Kadis Sosial IB. Anom Adnyana menyatakan siap mengikuti lomba di Denpasar.(wl_sjd)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.