Tampil Memukau Gong Kebyar PKK Sampalan di Pura Batumedahu



Suana (waklaba.blogspot.com)
Sekaa Gong Kebyar Wanita Bajar Sampalan, Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul  Rabu (27/11/2013) melaksanakan  ngayah di Pura Batumedahu dalam rangkain Karya Agung. Hal yang tak terduga,  ternyata tidak menyurutkan animo penikmat seni di warga Nusa Penida  menyaksikan kesenian tersebut.  Sekaa Gong Kenyar Wanita tetap terpacu untuk menampilkan persembahan seni yang baik. 


 pemampilan yang memukau Gong Kebyar PKK Banjar Sampalan

Hal ini diungkapkan Pembina Tabuh I Dewa Gede Wirata tampak tersenyum setiap melihat penampilan Sekaa Gong Kebyar Wanita Banjar Sampalan yang dibinanya. Serta memberikan motivasi dan semangat bersama dengan krama Banjar Sampalan dan penonton yang hadir di wantilan Pura Batumedahu. Sekaa Gong Kebyar Wanita dalam penampilannya menampilkan Tari Pendet , Tari Wirayudha serta Gopala yang ditarikan semua wanita . sebenarnya kegiatan seperti ini akan melahirkan seniman yang mesti dipoles,'' ujarnya.

"Ternyata, kekhawatiran saya sama sekali tidak terbukti. Kedua sekaa yang tampil malam ini tetap menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ini jelas sangat membanggakan karena semangat yang memotivasi  PKK untuk berkarya bukan sekadar untuk mengejar prestasi maupun penghargaan. Tetapi, murni berkarya untuk kejayaan kesenian itu sendiri,” imbuhnya  Wirata.


Penasehat  Sekaa Gong Wanita I Ketut Sudarta, S.sos  menyatakan sekaa Gong ini pernah tampil di banjar Sampalan waktu upacara ngadegang pada bulan Januari yang lalau. Tidak adanya agenda lagi, membuat sekaa ini terhenti begitu saja. Terketuk hati saya untuk mebangkitkan kemabli sekaa ini dengan motivasi yang tinggi akhirnya bangkit lagi. Dengan pembinaan yang terarah , motivasi sekaa ini bergairah lagi untuk tampil di Pura Batumedahu. Dia berharap sekaa ini terus berlanjut, jika nanti ada festival sekaa ini langsung ikut, “ tutunya Sudarta.


Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.