Ngayah Meresik di Pura Penataran Ped



Ped (waklaba.blogspot.com )
Rangkaian upacara ngusaba jagat Nusa Penida yang diselenggarakan di Pura Penataran Ped yang puncaknya 19 Oktober 2013, Komunitas Secuter Dewata Nusa Penida ngaturang ngayah bersama. Upacara ngusaba merupakan upacara tahunan yang rutin dilakukan setiap tahun di Nusa Penida.  Dua tempat penyelenggara upacara ngusaba  yang saling bergantian yakni di Pura Batumedahu setiap tahun genap pengemponya dangin batas, sementara tahun ganjil di Pura Penataran Ped yang diempon dauh batas.
Ketua Pengayah Dr. I Wayan Sucitra menuturkan Sekuter Dewata Nusa Penida melaksanakan ngayah bersama yang ke- dua kalinya, pertama ngaturang ngayah di Pura Batumedahu dalam rangka upacara karya ngenteg linggih. Kami menujukan kepada masyarakat luas bahwa komunitas ini bukan hanya melakuakn aksi konvoi semata tapi melaklukan bakti sosial, “ ujarnya Senin (15/10/2013).

“ meresik diawali dari di Pura Segara , dilajutkan meresik di sekitaran Pura Segara dan dilajutkan Pura lainnya.  Bukan hanya meresik saja yang dilakukan, penunjang upacara yakni katik sate juga tak luput dikerjakan kami “.
Sementara Pengayah yang laianya I Dewa Gede Suamba menyampaikan sangat senang melaksanakan ngayah bersama, rasa kebersamaanlah yang menyatukan Sekuter Dewata Nusa Penida, meluangkan waktu sangatlah sulit karena komunitas ini berbagai kalangan ,” tuturnya.
Oleh : Santana Ja Dewa   

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.