SMA N I Nusa Penida dinilai Team Provinsi




Ped ( waklaba.blogspot.com)
SMA Negeri I Nusa Penida mewakili Kabupaten Klungkung dalam ajang lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Bali. Dalam lomba ini dihadiri oleh Bupati Klungkung yang di wakili Asisten Sekda , Team Provinsi , serta Muspika Kecamatan Nusa Penida. 

Dalam Sambutan Kepala Sekolah SMA N I Nusa Penida I Nyoman Dunia, Kamis (15/11/2013), menyampaikan SMA NI Nusa Penida didirikan pada tahun 1990 setahunnya baru bisa menempati sekolah sebelumnya numpang di SMP Negeri 2 Nusa Penida. Areal ini merupakan tempat bercocok tanam warga setempat tapi berkat suport Pemerintah Kabupaten Klungkung SMA Negeri I Nusa Penida berdiri. Dalam kuron waktu ada tiga generasi kepemimpian di SMA yakni Drs. I Wayan Kasmin dilanjutkan oleh I Nyoman Purna estafet ini dilanjukan oleh I Nyoman Dunia sampai sekarang, “ ujarnya.


Dunia menambahkan persiapan yang dilakukan sebelum lomba yakni dua bulan. Dalam peniliannya ada 11 indikator mecangkup bidang saran dan prasana sekolah persiapan UKS termasuk lingkunagn areal sekolah termasuk kanti sehat. Khusus untuk sampah dipilah menjadi dua kelompok yakni kelompok organik dan organik.  Dua bak yang berbeda yang akan menampung sampah . Sementara sampah organik akan diolah menjadi kompos. Pola prilaku sehat yang sesuai dengan  tris UKS yang dicanangkan oleh sekolah , dengan demikian prilaku ini diharapakan dilaksanakan terus-menerus, “ harapnya Dunia.

Dalam sambutannya, Bupati Tjok Agung yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Wayan Sudiarsa menyampaikan bahwa dalam lomba usaha kesehatan sekolah di SMA Negeri I Nusa Penida yang mewakili Kabupaten Klungkung di tingkat provinsi . Kesehatan bagi setiap manusia adalah kebutuhan dasar setiap manusia melainkan tidak bisa dibeli tetapi diupayakan terus menerus dan terprogram berkesinambungan agar setiap sesorang baik sebagai siswa maupun masyarakat pada umumnya. Dalam hidup sehat sangat penting dilaksanakan disetiap jenjang pendidikan. “ ujarnya.

Kegiatan ini sangat penting ditumbahkan sejak dini disamping berdampak pengaruh langsung dalam proses pembelajaran. Apabila satuan pembejaran dilasakanan dengan baik pasti menghasilkan baik pula baik di sebagai siswa serta masyarakat umum khususnya di Kabupaten Klungkung. Disamping itu kegiatan ini memberikan pengaruh langsung hasil pendidikan itu sendiri. Sehat , cerdas dan hormanis untuk mewujudkan hal itu melalaui trias UKS, “ imbuhnya.


Oleh : Santana Ja Dewa





Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.