Karya Agung Pura Batumedahu persiapan PKK Sampalan ngayah Gong Kebyar


                                   para penari dengan gigih latihan menari

Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Upacara karya Agung Di Pura Batumedahu yang puncakanya Rabu (27/11/2013) mendatang. PKK Banjar Sampalan akan ngayah gong gebyar serta tari lepas seperti tari wirayudha , pendet serta gopala yang semua penari dari perempuan. Selama dua bulan persiapan yang dilakukan PKK banjar Sampalan. Kurun waktu bulan dimaxsimalkan untuk latihan. 

Hal ini diungkapkan Pembina Tabuh I Dewa Gede Wirata , Kamis (21/11/2013), dengan persiapan yang minim,   sehingga para PKK harus digenjot latihan agar pada saat pentas nanti bisa menampilkan kemampuan serta memukau penonton yang hadir di Pura Batumedahu, “ terangnya. 

Wirata menambahkan hal yang paling sulit yakni adalah kemampuan PKK menabuh berragam sehingga dibutuhkan kesabaran mengajarkan tabuh yang akan disuguhkan pada puncak karya nanti. Dalam menabuh kekompakan sangat diperlukan sama seperti dengan bermain bola, “ imbuhnya. 

Sementara Ketua PKK Banjar Sampalan Desak Made Sumarsih menegaskan dengan kegiatan ini diharapkan menumbuhkan rasa kekompakan serta melestarikan seni agar tidak luntur digerus zaman globalisasi. Hal yang tidak bisanya para PKK yang memainkan gong kebyar, tapi dibalik ini PKK Banjar Sampalan membuktikan mampu berkarya melalui gong kebyar , “ ujarnya. 

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.