Upacara Ngenteg Linggih Keharmonisasi Bhuwana Alit Dengan Bhuwana Agung

upacara pelastian di segara setempat dalam rangkaian upacara karya ngenteg linggih (foto/SJD)


Batununggul (waklaba.blogspot.com)

Pura Segera Banjar Mentigi, Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul menggelar karya nganteg linggih. Pura yang terletak di depan pintu pelabuhan Nusa Penida yang sering dikenal dengan pelabuhan kapal roro.  Pura tersebut merupakn salah satu pura yang pengemongnya sendiri yang diempon pesemetonan I Dewa Karang. Secara bertahap pembangunan dilakukan. 

Manggala Karya I Dewa Nyoman Kuning Ardana mengatakan  jauh-jauh hari persiapan karya telah dilakukan. Mulai dari persiapan banten hingga perlengkapan lainya. Upacara karya diawali dengan matur piuning yang bertujuan untuk meminta kepada Beliau agar upacara berjalan rahayu, Selasa (23/9/2014).

Dia menyampaikan nantep suanri salah satu rangkaian upacara yang bertujuan merdu suara suanri yang dihasilkan akan memberikan suatu keharmonisasi antara bhuwana alit dengan bhuwana agung. keseimbangan adalah satu modal kehidupan bagi umat sedharma.  Mendak tirta pura kahyangan jagad se Nusa Penida (21/9) , memohon kepada penguasa alam semesta . 

 Puncak karya  Melaspas, Mendem Pedagingan , Nganteg Linggih, Madudusan Alit berlangsung hari ini yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra dari Geria Getakan , Klungkung.  
 Tepatnya matahari mulai bangun dari peraduan , upacara pelastian berlangsung di segara setempat.  Dalam upacara pelastian tersebut , perpaduan seni tersaji tari wali, “ tuturnya Kuning.

Oleh : Santana Ja Dewa
  



 


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.