Musim Kemarau Melanda kini Warga terjangkit Influensa dan Asma




Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Belakangan ini di Nusa Penida dilanda musim kemarau. Yang sebelumnya bukit kelihatan hijau kini berubah kecoklatan. Debu dan air menjadi isu yang sangat di berbagai desa di Nusa Penida.  Dampak dari depu bertebaran banyak penyakit yang ditimbulkan seperti influenza dan asma . kunjungan warga ke puskesmas meningkat dari sebelumnya. Selain ke puskesmas warga juga ke dokter praktek.   Warga melakukan pencegahan lebih dini dengan menggunakan masker saat melakukan aktifitasnya. 

Salah satu warga Wayan Gangsa , Minggu (7/9/2014) mengatakan banyak warga menggunakan masker saat beraktifitas terutama warga yang sudah berumur. Meningkatnya penggunaan masker bertujuan menghindari debu dan hembusan angin dingin kerap mendera beberapa waktu ini.  Bukan hanya debu yang mendera namun cuaca sangat panas saat siang juga menjadi masalah. banyak pengendara berpakian layaknya astronot menghindari debu dan panas, “ terangnya.

Sementara Kepala Puskesmas Nusa Penida I  dr.I Ketut Rai Sutapa  mengatakan memang cuaca panas dan berdebu banyak warga yang memeriksakan dirinya ke puskesmas. Tingkat kunjungan warga ke puskesmas terutama bagi penderita asma rata-rata 21 samapai 30 warga per harinya. Itu tidak termasuk jumlah yang ke UGD. “ kami siap memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Nusa Penida  terutama warga yang menderita asma dan influenza, “ jelasnya.

Sutapa menambahkan bukan hanya pelayanan asma Puskesmas Nusa Penida I juga melayani rawat inap bukan hanya menjaga fisik semata. Sementara stok obat anti asma masih tersedia , “ terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.