Pengurusan KK dan KTP Gratis




Batununggul (waklaba.blogspot.com)

Pemerintah Kabupaten Klungkung mengratiskan biaya pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sebagai ungkapan penertiban andministrasi kependudukan.  Sebelumnya pada tahun 2013 pengurusan akta kelahiran digratiskan, Selasa (23/9/2014).

Menurut I Ketut Lama Catatan Sipil Kecamatan Nusa Penida mengatakan Nusa Penida salah wilayah di Kabupaten Klungkung terpisah dari Klungkung daratan .  sehingga Dinas Catatan Sipil Klungkung membuka kantor cabang di Kecamatan Nusa Penida.  Guna mempermudah administrasi kependudukan. Sementara tiga kecamatan lainya langsung warganya mengurus administrasi kependudukan ke Dinas, “ jelasnya.

Sebenarnya pengurusan KTP dan KK sudah digratiskan namun ada beberapa desa yang pungut biaya. Kami mempertegas kepada desa agar tidak memungut biaya pengurusan dan masyarakat bebas dari biaya itu . hal ini dipertegas kembali surat edaran Bupati No. 479/58/DISDUKCAPIL  per tanggal 19/8/2014, “ terangnya.

Walaupun sudah digratiskan tapi pemberlakuan syarat akan benar-benar diselesaikan guna warga sadar akan tertib administrasi.  Biasanya warga disaat perlu saja mengurus KTP, tujuan dari pada pemerintah membebaskan biaya administrasi  untuk ketertiban administrasi. Lama berharap kebijakan tersebut guna semua administrasi kependudukan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung khususnya Kecamatan Nusa Penida lebih tertib serta bagi warga yang memenuhi syarat sesuai dengan usianya wajib memiliki KTP.  Jika kesadaran warga akan tertib administrasi terwujud maka dari segi pencatatan administrasi kependudukan akan lebih akurat, “ imbuhnya . 

Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.