Desa Batununggul gelar Pelatihan Tenun bagi RTM


pelatihan tenun bagi RTM di Batununggul (foto-SJD).
 
Batununggul (waklaba.blogspot.com)

Kerajinan tenun rangrang di Nusa Penida semakin menggeliat.  Dulu hanya berpusat di dua dusun yakni Dusun Karang dan Ampel Desa Pejukutan kini sudah merambah ke desa lainya. Dua tahun terakhir kain rangrang menjadi promadona . begitu banyak permintaan , kain rangrang meroket. 

Kain ranrang merupakan salah satu kerajinan tenun dengan kombinasi warna yang cerah. Rangrang sendiri yang berarti  lubang . setiap helainya terdapat lubang.  Lubang tersebut dinamakan rangrang. 

Program pemberdayaan pelatihan tenun rangrang banyak sudah dilakukan baik secara kelompok maupun dari pihak desa. Begitu juga Desa Batununggul  mengadakan program pelatihan tenun rangrang yang dikhususkan bagi  KK miskin yang dilaksanakan di balai desa setempat, Senin (8/9/2014).

Menurut Kepala Desa Batununggul I Ketut Kurna saat pematauan pelatihan mengatakan  program pemberdayaan ini dikhususkan bagi KK miskin.   Sebelumya Badan Pemberdayaan Desa (BPD) serta tokoh masyarakat musyawarah tentang kegiatan ini.  Alokasi dana ADD diperuntukan untuk program pemberdayaan sebanyak 45 juta.  Kegiatan ini berlangsung berkelanjutan sampai peserta bisa. Setiap harinya ada 5 orang  PKK mewakili dusunya masing-masing dengan 4 dusun yang ada di Desa Batununggul, “ jelasnya.

“ dari pelatihan ini terutama bagi RTM punya skill untuk menambah penghasilannya.  Tidak cukup hanya dibantu berupa barang saja namun butuh program pemberdayaan. Yang belum berdaya kita berdayakan. Sehingga  warga mulai mandiri, “ pintanya Kurna.

Oleh : Santana Ja Dewa 
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.