10 Singa Iringi Ngaben Masal Di Suana



warga antusias menonton ngarak bade (foto/SJD).
 
Suana (waklaba.blogspot.com)

Desa Pakraman Suana melaksanakan upacara ngeben masal.  Jauh-jauh hari karma Suana disibukan dengan aktifitas upacara, Kamis (18/9/2014). 

Menurut panitia I Made laut menjelaskan pelaksanaan upacara ngeben masal dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.  Sebanyak 17 sawa yang diiringi 10 singan serta satu bade. Krama urunan sebanyak 5 juta rupiah.  Keluarga yang ikut upacara ngeben kali ini tidak hanya dari Suana saja namun satu keluarga dari Lombok, “ ujarnya.

Upacara ngeben ini merupakan kewajiban bagi para sentananya. Disamping itu juga mempererat rasa kebersamaan serta menjalin silahturahmi antar keluarga. Selama ini disibukan akan aktifitas masing-masing , dengan berkumpulnya semua keluarga melepas kangen. Mudah-mudah upacara ngeben mendapatkan kemudahan kita bersama , “ tuturnya.

Sementara Banjar Celuk juga melaksanakan upacara ngeben masal selang satu hari . Yang sebelumnya Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melayat di berbagai Desa Pakraman di Nusa Penida yang melaksanakan upacara ngaben masal .

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.