Mutasi menjadi Momok Bagi PNS




Mendengar kata mutasi bagi sebuah menakutkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) padahal mutasi itu sendiri merupakan suatu evaluasi kenerja bagi PNS.  Seperti halnya siswa yang sedang mengikuti ujian , hal yang menakutkan bagi siswa begitu juga bagi para PNS mendengar mutasi. Ambil bijak saja , ukur diri sendiri sejauh mana kenerja serta niat dalam hati untuk mengabdi pada negara tercinta ini. Lakukan yang terbaik bagi Negara. Jangan hanya bisa menuntut saja , namun apa yang sudah perbuat untuk Negara. 

Sederhana saja berfikir lakukan yang terbaik. Maklum , sudah hampir 10 tahun seperti ini. Pola fikir PNS hanya mencari kedudukan saja padahal kemampuan jauh dari standar kompetensi.  Modal pendekatan yang selalu menjadi ukuran. Kasian yang mempunyai kemampaun dibidang tertentu . kadang-kadang tidak masuk akal sehat. Kalau memang tidak ada niat untuk bekerja lebih baik pensiuan muda saja . masih banyak tenaga yang mau mengabdikan diri . 

Guru juga begitu saat upacara bendera memperingati Hut Proklamasi RI yang ke-69 banyak yang tidak hadir. Entah alasan apa ? sangat disayangkan. Sejauh mana rasa nasionalisme .Seperti pribahasa guru kencing berdiri murid kencing berlari , kenakalan siswa sekarang juga sangat berimbas dari para pendidik itu sendiri. Mungkin kalau ada tunjangan upacara bendera dijamin para guru pasti hadir semua  (nihil). Parahnya lagi saat mendapatkan tunjungan pagi-pagi sudah ramai-ramai di Bank kayak antrean ambil sembako gratis. Lupa akan tugas pokok sebagai pendidik. 

Disatu sisi masyarakat ingin perubahan tapi tidak diimbangai dengan kinerja abdi Negara. Saat disumpah janji menjadi PNS  “ siap ditugaskan di wilayah Kabupaten Klungkung serta mengabdi pada Negara”. Sayang seribu sayang banyak yang cidera janji.” Pagon masih nu jadi PNS” kata itu sering diucapkan. Banyak pimpinan instansi sulit untuk menggerakkan bawahwan untuk bekerja untuk melayani masyarakat. 

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.