Arya Sampingan Gelar Karya Ngenteg Linggih


Bupati Suwirta menyerahkan bantuan kepada panitia karya (foto/SJD).
 
Ped (waklaba.blogspot.com)

Pesemetonan Arya Simpangan Banjarnyuh Desa Pakraman Nyuh Kukuh menggelar karya Memungkah, Nubung Pedagingan, Nenteg linggih , Panca Rupa, Panca Kelud, Panca Kelud  & Waraspati Kalpa  di Paibon .  Pemugaran dilakukan secara bertahap , hingga total pembangunan selesai tahun 2012.

Pada kesempatan ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berkunjung di Paibon Arya Sampingan . Kedatangan Bupati diawali dengan temu wirasa dengan pesemtonan Arya Sampingan dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. Acara acara tersebut didampingi oleh Kabag humas I Wayan Parna serta Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, SH.

Panitia I Ketut Susila , Minggu (21/9/2014) mengatakan perencanaan menggelar upacara karya sudah 2 tahun yang sebelumnya dengan paruman pesemetonan. Dengan urunan masing-masing sebanyak 4,5 juta rupiah yang diempon sebanyak 33 KK.  Dari semua pengempon banyak yang bekerja di luar Nusa Penida. sedangkan pengempon non aktif ikut berpartisipasi serta dana punia, “ ungkapnya. 

Rangkaian upacara diawali dengan upacara panca rupa kelod (13/9), dilanjutkan dengan upacara mendak tirta (18/9) yang dipuput oleh Ida Pedanda Siwa Budha.  Sementara mekiis & mepepada dipuput oleh Ida Rsi Acarya dari Geria Ahram Kutampi . Puncak karya ngenteg linggih yang berlangsung (23/9) mendatang.
Susila berharap agar pesemetonan diberikan keraharuan serta keheningan bagi karma guna berbakti kepada leluhur. Rasa kebersamaan antar pesemetonan terus terjalin , “ harapnya.

Susila sangat berterima kasih atas kehadiran Bupati Klungkung yang menyempatkan hadir. “ Rasa bangga, terharu sampai air mata yang kering ini keluar dengan sendirinya, “ imbuhnya .

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan sangat mengapresiasikan semangat pesemetonan semoga karya berjalan sesuai harapan kita bersama. Dalam  heningnya karya semoga mendapat kerahayuan bersama. Suwirta mengingatkan kepada pesemetoan agar eling terhadap leluhur yang merupakan salah satu kewajiban yang sesuai dengan Tri hita Karana, “ tuturnya. 

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.