Revitalisasi Pelabuhan Tradisional Sampalan



Batununggul ( waklaba.blogspot.com)
Dalam rapat agenda setiap 6 bulan sekali  setiap  Galungan yang diselenggarakan krama banjar Sampalan, Desa Batununggul , Kecamatan Nusa Penida. Rapat kali ini membahas tentang penataan kawasan pelabuhan tradisional Sampalan menjadi tempat yang menarik di kunjungi . 


  Pelabuhan tradisional Sampalan merupakan kawasan pantai yang berada di kota kecamatan Nusa Penida.  Sampai saat ini kurang tertata bahkan terkesan kurang sedap dipandang. Dari hal itu kami krama banjar Sampalan sebagai pengelola pelabuhan akan menata agar lebih berfungsi dengan baik serta menggairahkan kawasan ini menjadi sengol pada malam harinya, “ ujar Kelian Banjar I Dewa Made Suardita , Rabu (23/10/2013). 

Hal senada yang disampaikan tokoh masyarakat setempat I Dewa Made  Anom Darmawan, SH kawasan pelabuhan tradisional Sampalan ini , bukan menjadi pelabuhan pada umumnya tapi  memberikan kenyamanan bagi penumpang merupakan nilai plus.  Disamping itu penataan yang bagus akan memberikan efek ekonomi masyarakat setempat , yakni menjadi kawasan pelabuhan arena ruang terbuka & tempat bermain anak-anak. 

Anom menambahkan penataan kawasan ini, yang diharapkan akan memberi citra dan fungsi yang mewadahi keaslian aktivitas dan lingkungan kawasan di pelabuhan tradisional sebagai kawasan yang memiliki prospek sebagai kawasan wisata. 

Pemerintah pasti mau memberikan dana, apabila kawasan pelabuhan ini memberikan efek ekonomi .Bukan hanya pemerintah saja membangun tapi masyarakat diperlukan aktif , “ tegasnya Anom.  
Oleh : Santana ja Dewa



Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.