Ngayah Sareng Secuter Dewata Nusa Penida di Batumedahu



Suana (waklaba.blogspot.com)
Dalam rangka karya di Pura Batumedahu pada tanggal 27 November 2013 mendatang secuter Dewata Nusa Penida menggelar Ngayah diikuti pengempon pura, Jumat (4/10/2013) siang kemarin. Kegiatan diawali dengan konvoi bersama menuju Pura Batumedahu, lanjut ngayah membuat klangsah serta bersih-bersih.

 

Ketua Kegiatan I Dewa Ketut Alit Jenada mengatakan kegiatan ini akan terus berlangsung selama pelaksanaan Karya di Pura Batumedahu, mulai hari ini mulai pelaksanaan persipan karya tersebut. Selain ngayah bersama, terutama bersih-bersih di kawasan Pura Batumedahu. Diantara kegiatan ngayah yakni membuat taring ,membuat surya serta yang lainya. Sementara kani hanya membantu penyelesaiannya,” ujarnya Jenda.

Jedana menambahkan didasarkan realita makin menurunnya kesadaran msyarakat untuk bergotong royong. Karena itu perlu ditumbuhkan kembali ngayah sareng guna membangunkan kembali kesadaran masyarakat bahwa sesungguhnya orang Bali memiliki kultur yang sangat tinggi dalam menggarap sebuah pekerjaan secara bersama-sama.

 

Membangun kesadaran bersama melalui ngayah sareng di Pura Besakih mesti diikuti bersama komponen masyarakat lain. Teladan kegotongroyongan tersebut mesti dimulai dari gubernur, wali kota, bupati sampai pejabat paling bawah. 'Marilah kita ikut bersama-sama ngayah sareng untuk menumbuhkan kegotongroyongan menjaga Bali,' harapnya Jenada.

Hal senada pengayah lainya I Dewa Gede Sudiadnyana mengutarakan
Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Namun saya berharap kegiatan ini estafet nantinya sampai berlangsungnya puncak karya,' ujarnya.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.