PNPM Mandiri “ Persiapan Desa Dalam MAD Sosialisasi 2014”



Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Dalam rapat yang diselenggarakan oleh PNPM Mandiri Kecamatan Nusa Penida berlangsung di ruang rapat camat . rapat tersebut dihadiri oleh perbekel se-kecamatan Nusa Penida , Bapak Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, SH serta peserta yang mewakili desa masing-masing. Dalam persiapan pelaksanaan musyawarah antar desa (MAD) sosialisasi 2014 , ada beberapa kebijakan perubahan revisi  yang perlu disampaikan kepada masyarakat.  Sehingga masyarakat mampu untuk mengenali potensi yang ada di daerah,  program ini sudah  berjalan 10 tahun di kecamatan Nusa Penida. Nantinya masyarakat mampu mempersiapan potensi serta pengembangan wilayah masing –masing pedesaan, sehingga pada saat mengajukan usulan betul –betul menyentuh & bermanfaat bagi masyarakat luas , hal yang paling penting sekali menyampingkan ego politik paling dihindari ,” ujarnya fasilitator Teknik  Kecamatan Nusa Penida I Wayan Mukir, SE Selasa (29/10/2013) tadi siang.


Mukir menambahkan program ini nantinya menekan kemiskinan bukan mengurangi  sehingga paling tidak menambah incam desa , serta meningkatkan lapangan kerja di masing-masing pedesaan . Sasaran yang paling  tepat yakni masyarakat kurang mampu yang mempunyai potensi untuk diberdayakan dengan mengembangkan ekonomi pedesaan. Kita berharap Pihak desa , Pemerintah serta swasta harus  berkesimbungan dan berkoordinasi mengacu pada RPJM kabupaten.
Selama ini program ini diintervensi sama elit politik desa  setelah mereka selesai menjabat bagaikan pepatah gajah mati meninggalkan gading itu gaya bahasa mereka. Ini yang menyebabkan masyarakat kadang-kadang tidak tau tentang program pemberdayaan masyarakat, tegasnya Mukir.
Sementara Camat Nusa Penida I Ketut Sukla, SH mengutarakan progress pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan Nusa Penida cukup bagus. “Bulan ini semoga masing-masing desa sudah menggelar Musyawarah Pertanggungjawaban II (MDPJ II), dan semoga Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) maksimal November sudah dilakukan”, ujarnya berharap.
melalui MAD ini bersama-sama dilakukan evaluasi pelaksanaan PNPM-MP. Sukla menegaskan, rata-rata pelaksanaan PNPM-MP di Kecamatan Nusa Penida cukup baik, partisipasi masyarakat dalam menjaga kualias pekerjaan juga besar.

Oleh : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.