Rencana Perkembangan Pariwista Nusa Penida Suwirta : "...doakan,semoga saya kuat"

Denpasar (waklaba.blogspot.com)
Dalam petemuan tertutup Kelompok Pecinta Nusa Penida (KPNP) dengan Bupati Klungkung terpilih  I Nyoman Suwirta bertempat di Teras Ayung, Denpasar. Pembahasan dalam pertemuan itu tidak lain “ Rencana Perkembangan Pariwisata Nusa Penida “. 

Penasehat Kelompok Pecinta Nusa Penida ( KPNP ) Irawan Boma memaparkan kepada Bapak I Nyoman Suwirta bahwa rencana perkembangan pariwisata di Nusa Penida . KPNP sangat berkonsen menekankan sekali bahwa berdasarkan pengamatan sebelum dan sesudah bulan kunjungan di Nusa Penida , Bali yang sudah hilang ketemunya di Nusa Penida ( Nusa Penida adalah benteng terakhir Bali ) pengambila kebijakan dalam hal ini pemerintah agar kebudayaan yang sudah ada agar bertahan terus semakin lama serta berkesinambungan, Kamis (17/10/2013) yang lalau.




Boma menambahkan agar perencanaan pariwisata di Nusa Penida tidak minimalis seperti yang telah terjadi di Kuta , Bali.  Pariwisata yang diingikan di Nusa penida yakni  kesenian , kebudayaan , lingkungan serta spiritual merupakan pariwisata yang tepat di Nusa Penida bukan pulau yang hura-hura . 

Hal yang senada yang disampaikan Ketua Kelompok Pecinta Nusa Penida I Dewa Ketut Suspriawijaya menyatakan dalam pengembangan pawirisata di Nusa Penida kedepanya agar memperhatikan kebudayaan yang telah ada , agar bertahan secara berkesinambungan bertahan terus menerus. Selama ini Nusa Penida berabad-abad telah membentengi Bali dari segala aspek geografis maupun culture history.
Hal yang menunjang pariwisata tiada lain kebersihan lingkungan. Sampah merupakan masalah klasik yang belum bisa ditangani. Soal penanganan sampah di Nusa Penida , agar di setiap Desa Pakraman di Nusa Penida diberikan bak sampah melalui program bank sampah, ujarnya Suspriawijaya.

Derasnya pembangunan hotel nantinya di Nusa Penida diharapkan buruh membangun hotel perlu pengawasan agar nantinya keamanan tidak tergangung dari pengaruh luar. Selama ini tingkat keamanan kondusif dalam artian menaruh motor dengan kuncinya tidak hilang . 


Sementara Bupati terpilih I Nyoman Suwirta sangat meyambut baik masukan Kelompok Pecinta Nusa Penida . Beliau  pun berujar "...doakan,semoga saya kuat ” konteks 'kuat'nya adalah kemampuan untuk sadar senantiasa,objektif dalam melihat segala sesuatu, bekerja untuk rakyat/PENGABDIAN.
Oleh : Santana ja Dewa





Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.