Piodalan Merajan Belod, Nyejer Dua Hari




Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Upacara piodalan di Merajan Belod Pesemetonan I Dewa Kulit , Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul , Kecamatan Nusa Penida , Klungkung jatuh pada Sabtu (19/10/2013) kemarin. Piodalan ini tepatnya jatuh pada Purnamaning Kapat , hal yang beda pujawali yang laianya yakni hanya satu sekali dalam setahun.

Pengempon Merajan Belod , I Dewa Gede Alit Setiarsa menjelaskan Prosesi upacara dimulai dengan nedudang (menurunkan) pratima dilanjutkan ngiasin serta disertai gamelan dari Krama Banjar setempat. Piodalan di Merajan Belod akan nyejer selama dua hari Minggu (20/10/2013) Malam ini. Rantauwan Pratisentana I Dewa Kulit di Nusa Penida tersebar berbagai daerah di Bali , mudik ke Nusa Penida ikut bergabung dengan pesemetonan yang lainya,” tuturnya Alit.

Ditambahkan Alit selama upacara piodalan, seluruh pertisentana mencurahkan rasa kangen dengan tanah kelahiranya serta mempererat tali persaudaraan antar pesemetonan . Pertisentan melakukan persembahyangan dengan khusyuk,” ujarnya.

Oleh : Santana Ja Dewa

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.