Memberikan Pelayanan Terbaik, Lembongan Bentuk Pokdarwis



salah destinasi wisata bahari di Nusa Lembongan (foto/suri)

LEMBONGAN, Laju perkembangan pariwisata diwilayah kecamatan Nusa Penida khususnya Nusa Lembongan tergolong berkembang pesat dari daerah lainya. Tapi, tanpa kita sadari perkembangan seirama kesiapan masyarakat dalam hal memberikan pelayanan optimal kepada wisatawan yang berkunjung. Berdasarkan hal tersebut, pariwisata yang sejatinya harus menguntungkan masyarakat malah menimbulkan banyak masalah, Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung membentuk Kelompok Sadar Wisata atau POKDARWIS di Desa Lembongan.

“Kami tidak ingin pariwisata yang diandalkan Lembongan bernasib sama dengan rumput laut, dimana karena mengejar kwantitas kita melupakan kwalitas yang menyebabkan hilang selamanya”, papar Perbekel Lembongan I Ketut Arjaya dalam paparannya diruang rapat Kantor Perbekel Lembongan, Kamis (16/11).

Ia berharap pembentukan POKDARWIS Desa Lembongan mampu menyadarkan masyarakat dan mampu membawa kebaikan kedepannya. Peran masyarakat dibutuhkan guna menciptakan pariwisata dengan kwalitas tinggi dan bukan kwantitasnya yang tinggi.

Sementara itu Tjok Romy Tanaya Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Dinas Pariwisata Klungkung mengatakan kemajuan pariwisata perlu ada pengawasan agar pariwisata tetap berjalan dengan baik. “ Disamping itu Desa Lembongan sebagai Desa wisata sudah sepantasnya mempunyai Kelompok Sadar Wisata yang nantinya bisa ikut andil dalam pengawasan dan memberi masukan kepada pemerintah”, ungkap Tjok Romy.

Dalam pembentukan POKDARWIS Desa Lembongan, Gede Sutawan ditunjuk sebagai ketua dan Wayan Suwarbawa sebagai wakil Ketua. Seksi-seksipun dibentuk untuk memudahkan menjalankan program yang diharapkan bermanfaat kedepannya.

“ Saya masih buta memimpin organisasi apalagi Desa Lembongan bukanlah Desa wisata yang baru berkembang melainkan desa yang sudah sangat maju pariwisatanya dan tentu saja sudah banyak masalah yang ada, dengan itu saya akan selalu minta bimbingan dari Dinas Pariwisata sehingga POKDARWIS Desa Lembongan ini bisa berjalan sesuai rencana’’, pinta Gede Sutawan.

Pada rapat pembentukan Kelompok Sadar Wisata ini juga dihadiri oleh Bendesa Adat Desa Pakraman Lembongan I Made Sukadana dan Kepala Dusun sedesa Lembongan. (*)

Pewarta ; Wayan Bagiayasa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.