Aris Sarmanta : Misteri Gunung Agung


karya Aris Sarmanta 


Aktivitas Gung Agung sampai saat masih misteri, sulit diprediksi kapan akan meletus. Perbincangan Gunung yang tertinggi Di Bali menaruh perhatian semua kalangan tak terkecuali, hanya Gunung Agung sulit ditebak padahal sesuai dengan perhitungan dari level siaga naik level menjadi awas dan kembali lagi siaga. Warga Karangasem yang dekat KRB mengungsi sampai saat ini.

Pergolakan yang terjadi mendapat perhatian seorang seniman. Menelisik kondisi yang terjadi, I Wayan Aris Sarmanta mengekpresiakn olah pikirannya menggoreskan kanvas tertarik pesona misteri Gunung Agung. Merespon pemberitaan yang bersiweran baik itu berita yang memang terpercaya terkadang berita yang membuat sebagian warga panik berupa berita yang dikenal Hoax.

Aris Sarmanta dalam berkarya tidak terlepas dari isu lingkungan. Bagi dirinya isu seperti lebih seksi. Ia sering mengimplementasikan beragam isu lingkungan. Sementara Gunung Agung dengan berbagai aura magis, benak hati Aris terpanggil berkarya.

Pesan yang disampaikan melalui karyanya, Gungung Agung diibaratkan dengan wajah seorang ayah yang selalu melindungi dan memberikan kehidupan, dengan berekspresi seolah gunung baik-baik saja, kecemasan para mahkluk hidup disekitar gunung menjadi pertanyaan yang tak kunjung pasti.

Karya Aris ini menggunakan teknik tradisional gaya Batuan dengan sentuhan medern atau tradisi kontemporer. Dirinya tergabung dalam kelompok seniman Baturulangun Bebatuan. " pada karya saya selalu ngambil tema alam dan sikon kekinian kehidupan serta tema lainya," ujar seniman asal Banjar Peninjaoan, Sukawati, Gianyar.

Aris menambahkan beberapa karya saya sering membuat gunung, saat membuat karya ini tepat dengan pemberitaan gunung agung yang sedang aktif. Tertariknya, karena banyak yang terjadi pemberitaan yang aneh-aneh hingga saat ini belum terjadi apa-apa.*
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.