Low Season, Low Season



wisatawan domestik menikmati panoram,a pantai kleingking, Desa Bungamekar (foto/sjd)

NUSA PENIDA, Penurunan tingkat hunian sejak dua minggu belakang mengalami penurunan. Kepulauan Nusa Penida yang dikenal sebutan The Blue Paradise memasuki musim penghujan turun drastis berbeda jauh pada bulan Juli sampai Agustus lalu. Hal tersebut secara otomatis berimbas pada tingkat hunian di penginapan hingga 37 persen.

Hal ini dikemukan salah satu penggelola penginapan, I Wayan Geria saat ditemui di Batumulapan, Minggu (19/11) pagi tadi. Ia mengakui sepinya kunjungan wisatawan itu berlangsung sejak minggu awal bulan Nopember. Sesuai dengan data booking, hunian bulan ini turun drastis mencapai 37 persen. Kemungkinan penyebabnya adalah musim penghujan, alasan inilah pemicu mereka enggan berkunjung karena tidak bisa kemana-mana.

Hal sama disampaikan Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Klungkung, I Wayan Sukadana. Ia menyampaikan sekarang kondisi lagi low season. Wisatawan yang datang hanya domestik saja. Sementara kondisi aktifitas Gunung Agung, saat ditanyakan tidak begitu berpengaruh.

" memasuki musim penghujan masih tergolong baik, namun kunjungan bulan Juli sampai Agustus sangat ramai. Sementara dampak Gung Agung sangat sedikit, " kata pria asal Semaya, Desa Suana.

Ia menyesalkan pengelola panik dalam kondisi low sesson, mereka pada menurunkan tarif. Langkah tersebut dinilai kurang tepat justru berpotensi menimbulkan persaingan tidak sehat kedepannya. Situasi seperti ini, seharusnya dimanfaatkan memaksimalkan promosi salah satunya Nusa Penida Festival yang akan digelar 6 sampai 9 Desember mendatang.

" wisatawan yang berkunjung lebih memiliki jaringan travel agent maupun koneksi dengan objek wisata lokasi lain seperti Ubud. Service paket biasanya include, setelah di Ubud baru ke Nusa Penida. Sementara penyelenggaran festival baru dirasakan setelah dua bulan setelah acara. Tetapi dari event ini kita bisa maksimalkan potensi untuk promosikan pada musim berikutnya, bisa diunggah website," tutupnya. (*)
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.