Satu-Satunya Di Bali Penghargaan Koperasi Diraih Klungkung



Presiden Joko Widodo menyerahkan penghargaan kepada Bupati Suwirta (foto/humasklk)

KLUNGKUNG, Daya ungkit pergerakan ekonomi bersumber dari keberadaan sebuah koperasi. Usaha kecil dan menengah bangkit dan tumbuh seiring perkembangan koperasi, tersebar di berbagai wilayah bahkan sampai keplosok-plosok dan mampu bersaing dijaman temporer. Peringatan Hari koperasi momentum membangkitkan gerakan perkoperasian, hal ini ditandai dengan memberikan penghargaan keoada oemerintah daerah yang komitmen membangun daerahnya memalui koperasi. Satu-satunya daerah Bali yang mendaoat penghargaan tersebut yakni Kabupaten Klungkung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima tanda kehormatan dan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI, Joko Widodo. Penghargaan diterima langsung Bupati Suwirta pada Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 di Lapangan Karebosi, Makasar, Sulawesi Selatan.

Penghargaan ini diterima Bupati Suwirta atas jasanya yang telah berhasil dalam pembangunan Koperasi dan UKM melalui program Gerakan Masyarakat Santun dan Inovati "Gema Santi”. Penghargaan ini juga berkat keberhasilan dalam pembangunan BUMDes air UDAKA yang mewajibkan setiap kegiatan OPD, revitalisasi pasar pasar tradisional, Kantor Dekopin sebagai pusat pelatihan dan kegiatan gerakan Koperasi, serta inovasi beli mahal jual murah kerjasama KUD dengan subak untuk memyelaraskan harga pasar, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan.

Diraihnya tanda kehormatan dan penghargaan ini, Buoati Suwirta akan semakin menguatkan komitmennya dalam menciptakan program inovatif lainnya untuk menguatkan pembangunan ekonomi kerakyatan. Koperasi merupakan lembaga yang sangat pas dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui keberpihakan dan pemberdayaan terhadap produk lokal. Ditambahkan, dengan otonomi daerah, akan dimanfaat Pemkab Klungkung untuk mengembangkan produk lokal lainnya seperti beras lokal, garam tradisional dan Ikan pindang.

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan koperasi sebagai sokoguru perekonomian indonesia, untuk mendorong dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Pemerintah akan memberikan peran kepada koperasi, KUD dan pesantren untuk mengelola perekonomian. "Inilah tugas berat kita bersama, koperasi harus didukung teknologi informasi untuk diera sekarang yang makin sengit persaingannya baik tingkat di nasional maupun internasional," ujar Presiden Jokowi.*
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.