Peringatan Hut RI di Nusa Penida PNS Rasa Nasionalisme Masih Dipertanyakan



 masih kurangnya partipasipasi PNS pada setiap peringatan besar (foto-SJD)
 
Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Peringatan Hut RI ke 69 di Nusa Penida diawali dengan upacara bendara di lapangan Umum Sampalan. Tepat pukul 08.00 wita upacara bendara di mulai, Minggu (17/8/2014).  Peserta upacara yang dimominasi pelajar merapatkan barisan , begitu juga para peserta upacara lainya. Barisan utara paling barat  peserta dari KKN Unud dan KKN UGM.
Dalam tribun dihadiri oleh muspika kecamatan Nusa Penida , perbekel se- Nusa Penida serta DPRD Kab. Klungkung I Putu Gede Santiasa. 
tapi sayang partisipasi PNS dalam upacara bendera peringatan kemerdekaan sangat kurang .  Bukan kali ini partisipasi kurang sudah bertahun-tahun.  Terutama kalangan guru banyak tidak hadir. Lembongan dan Jungutbatu memang bisa ditolinransi karena mereka juga mengadakan upacara bendera kemerdekaan di Lapangan Jungutbatu dekat dengan kantor PLN jungutbatu. Entah apa yang menjadi penyebabnya?. “ Padahal dari pihak kecamatan sudah melayangkan surat, sementara kami dari pihak UPT mempertegas lagi . tuh tidak dihiraukan, “ terangnya I Komang Sumendra Kepala UPT. Disdikpora Kec. Nusa Penida.
Kebiasaan seperti ini bukan menjadi kebiasaan baru lagi.  Bukan hanya peringatan kemerdekaan , hampir setiap kegiatan upacara bendara partisipasi guru menjadi pertanyaan besar. Kami sudah berupaya untuk mengubah hal seperti itu namun apa daya kesadaran masing-masing masih kurang rasa nasionalisme dan patriotlisme.
Sumendra menambahkan agar  rasa nasionalisme bukan hanya diucapkna saja namun diimpentasikan.  Jangan hanya menuntut para anak didik saja untuk menumbuhkan rasa nasionalisme tapi  diawali pada diri sendiri , “ imbuhnya.
Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.