KKN UGM “ Mengendepankan Masyarakat Mandiri Melalui UMKM”


berbagai kegiatan yang dilakukan KKN UGM di Desa Ped (foto-SJD).

Ped (waklaba.blogspot.com)

Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida. Banyak kegiatan yang sudah berjalan dilakukan anak-anak KKN UGM. Salah satunya pelatihan pembuatan makanan ringan yang terbuat dari rumput laut.

Hal ini disampaikan Reza Coordinator Unit Mahasiswa UGM Jogjakarta mengatakan Nusa Penida merupakan penghasil rumput laut kualitas terbaik yang masih belum dikelola dengan maksimal. Harga rumput laut kurang stabil. Perlunya pengolahan yang berbasis UMKM untuk meningkatkan kualitas petani rumput laut , “ ujarnya, Senin (18/8/2014).

Pengembangan UMKM sangatlah perlu untuk menjadikan masyarakat lebih mandiri. “ Di daerah Biaung yang secara administrasi wilayah Desa Ped kami mengadakan berbagai pelatihan pengolahan rumput laut menjadi makanan. Pembuatan stik keju, dodol serta bakso yang semua berbahan dasar rumput laut, “ terangnya Reza.

sementara program jangka panjang, pembinaan pelatihan koperasi. Koperasi merupakan salah satu ekonomi kerakyatan yang harus didepankan. Masalah yang diadapi koperasi di Desa Ped yakni masalah minimnya administrasi dan kemampuan SDM masih rendah, apalagi zaman sekarang menggunakan serba digital. 

“ Ramahnya masyarakat menjadi semangat kami dalam memberikan pelatihan. Ini buktinya kami sudah menyatu dengan warga. Sementara alam Nusa Penida masih orisinil serta kuatnya budaya pengaruh luar sangat sulit terkontaminasi dengan budaya setempat. Harapan kami infratruktur segera di bangun guna mempercepat mobilitas warga Nusa Penida, “ pintanya Reza.

Perbekel Desa Ped I Ketut Karya menyampaikan banyak program yang disasar KKN UGM di Desa Kami . Pelatihan pengolahan berbagai makanan yang terbuat dari rumput laut yang selama ini rumput laut belum dikelola secara maksimal. “ kami sangat berterima kasih atas kerja samanya. Untuk kedepannya bagi mahasiswa yang mau KKN di Nusa Penida harus mencari data ke desa bersangkutan, “ tuturnya.

Sementara Kapolsek Nusa Penida Kompol I Nyoman Suastika menyampaikan masyarakat sangat antusias mengikuti berbagi pelatihan yang diselnggarakan KKN UGM. Ilmu yang didapat di kampus diterapkan di masyarakat , “ terangnya.


Oleh : Santana Ja Dewa




Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.