Dulu Hidup Segan Mati Pun Tak Mau, Kini PDNKK Mulai Untung




Semarapura (waklaba.blogspot.com)
Setelah beberapa tahun hidup segan mati pun tak mau, Perusahaan daerah Nusa Kertha Kosala Kabupaten Klungkung mulai menggeliat. Sejak direvitalisai oleh pemerintahan baru yang dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mulai menunjukkan hasil. Perusahaan Daerah yang bergerak di usaha percetakan dan sarang burung wallet ini berangsur-angsur mulai bangun dari mati surinya.
 Menurut Plt. Direktur Utama I Wayan Sukadana  yang dikonfirmasi (selasa, 12/8/2014) mengatakan perusahaan daerah yang dipimpinnya mulai mendapatkan untung walaupun masih kecil. Dengan tanpa modal dan kondisi perusahaan pada awalnya banyak perlu  perlu dibenahi, Sukadana dengan segala daya dan upaya membenahi walaupun pelan tapi pasti. “kini setelah 7 Bulan perusahan daerah untung kira-kira 150 juta rupiah itu hanya mengandalkan dari sector percetakan dan sedikit dari sarang burung wallet di Ceningan produktivitas sudah turun drastic”.
Untuk upaya pelestarian sarang burung wallet di Ceningan hanya dipetik dua kali dalam setahun mengingat populasi wallet disana sudah jauh berkurang. Pada saat dirinya menjadi Plt. Direktur dia mengaku baru memetik satu kali di Bulan Februari 2014.
Disamping itupula, Plt. Direktur  yang gaya blak-blakan ini dari sisi bisnis sarang burung wallet di Ceningan juga kurang menguntungkan. “biaya sekali petik bisa mencapai 10 juta sedangkan metik sarang burung wallet pada bulan Februari 2014 hanya  dapa dua kali kilogram saja , sehingga kalau dijual 2 kilogram itu  kisaran hanya dapat 9 juta”, terang Sukadana.
Mengingat kalau dijual kiloan hanya dapat 9 juta rupiah, Perusahaan daerah tidak kehabisan akal dengan menjual eceran. Dengan menjual sarang burung wallet perkupak, dan bisa dijual sampai total hingga kini 22 juta rupiah.
Percetakan yang dikelola perusahaan daerah Nusa kertha kosala sejauh mencoba berbenah  dari berbagai sector. “kami mencoba membenahi BMW nya,  yakni Biaya terkait harga, mutu kwalitas produksi  dan waktu yang cepat sehingga pelanggan yang khususnya SKPD. Tak kalah penting kami membenahi pengelolaan dengan menggunakan transaksi elektronik sehingga menghindari mark up harga untuk mewujudkan clean govermen dan good government di kabupaten Klungkung.
Disamping membenahi BMW Sukadana juga memaparkan membenahi  Sumber daya manusia PDNKK dengan training dan membeli mesin baru yang bisa menghasilkan cetakan yang baik. PDNKK yang berlokasi di Jalan Kenanga no 1 Semarapura ini menyatakan siap melayani  setiap kebutuhan cetak mencetak, ATK  darii SKPD maupun  masyarakat.

cuaca ektrim mulut goa sarang burung walet di Ceningan jebol 

CUACA BURUK

Terlebih sekarang lokasi sarang burung wallet di Batu Melawang di Ceningan jebol karena terjangan ombak yang cukup besar pada tanggal 11 Agustus 2014. Sehingga perusahaan daerah perlu untuk mengidentifikasi kerusakan yang ditimbulkan oleh alam ini, tentunya setelah itu akan diambil upaya untuk membenahi sehingga sarang burung wallet tetap lestari dan bisa berkontribusi memberi pendapatan daerah. (WL_SJD).


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.