Perlunya Mengajarkan yoga lebih dini pada anak-anak



Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Pada umunya loga dilakukan oleh orang dewasa, hal yang beda dilakukan para siswa SD N I Batununggul sejak dini sudah diajarkan yoga melaui ektrakurikurer stiap hari sabtu pagi bertempat di depan Gor Sampalan.  Disamping membuat tubuh lebih sehat dan rilex , juga merangsang kreativitas anak didik.Yoga adalah salah satu gerakan olah tubuh pernapasan (pranayama) yang sudah terkenal di asalanya India. Tekni pengaturan napas dan gerakan melatih otot-otot, melalui gerakan ini disertai kosentrasi pikiran , fisik akan lebih sehat, bugar, dan kuat, bahkan emosi pun lebih seimbang. 

siswa melakukan gerakan yoga

hal ini diungkapkan pembina yoga Mangku I Dewa Gede Mustika menuturkan yoga merupakan salah satu cara mengajarkan sejak lebih dini. Gerakan yoga sendiri memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhannya.  Biar anak-anak tidak cepat bosan , diisi dengan kegiatan yang menyenangkan sehingga anak-anak lebih tertarik. Pada saat yoga , anak-anak juga bisa mendapatkan pengalaman yang menarik, ujarnya Mustika yang juga Guru Agama , Sabtu (712/2013) kemarin
“Saat melakukan gerakan yoga, energi semakin meningkat, kreativitas pun mengalir untuk anak-anak,”
Mustika bertanya kepada peserta yoga “ gimana naka-nak senang mengikuti yoga? Dengan suara lantang semangat anak-naka menjawab “ sangat senang”.

adapun gerakan dari yoga terdiri dari 12 gerakan yakni surya namaskar menyimbangkan badan , pramayaman asta susana posisi tangan diangkat, dada astana , aswa sncha asana menungkang sperti kuda , pawata asana posisi seperti gunung , astangga asana, bujangga astana posisi ular kopbra, aswa sncha asana , aswa santana astana , usta sanana, serta gerakan terakhir  pranama asana posisi berdua gerakan ini dilakuak berulang-ulang. Gerakan ini sangat penting menumbuhkan daya kreativitas anak-anak. Tidak cukup hanya dilakuakndi sekolah saja numun perlu dintensifkan di rumah,” terangnya Mustika.
Yoga juga mengoptimalkan penggunaan otak kiri dan kanan sehingga intelektualitasnya bisa lebih terasah dan sinkron.Tentu ini akan membuat anak lebih fokus dan bisa meningkatkan konsentrasi sehingga otak dan kecerdasannya berkembang dan potensi yang dimilikinya pun tergali.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.