Tape Oleh-Oleh Khas Nusa Penida


finishings pengepakan dengan daun singkong (foto-SJD)
 

Singkong tidak asing lagi bagi semua kalangan.  Nusa Penida termasuk penghasil singkong. Saat panen tiba, harga singkong turun drastis. Petani mengeluhkan harga singkong yang kurang stabil.

Salah satu pembuat Tape Ni Ketut Pini mengatakan saat panen tidak diimbangi dengan daya beli. Petani pun tidak bisa berbuat banyak. Untuk meningkatkan daya beli diperlukan kreatifitas untuk mengolahnya,  seperti tape dan camilan yang lainnya. Singkong merupakan bahan dasar tepe. Pembuat tape hanya terdapat di daerah Sental. Keterampilan membuat tape diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya, Senin (14/7/2014), ujarnya.

Cita rasa tepe yang khas, dikarenakan pembungkusnya dari daun pisang. Harga tape tidak sampai menguras kantong,  hanya 3 ribu rupiah per bungkus.
Proses pembuatan diawali perebusansingkong terlebih dahulu. Perebusan jangan kelewatan matang, rasa gurih tape akan berkurang.  Selanjutnya menunggu proses pendinginan. Sudah keadaan dingin dicampurkan secara merata dengan ragi. Finishing pengepakan dengan daun pisang. Dua hari kemudian tape bisa dinikmati. 

Di saat musim kemarau bahan baku tape sangat sulit didaptakan. Para pembuat tape berhenti produksi. Pasar Mentigi banyak para petani menjajakan singkong. Satu kerangjang ± 50 ribu. Sekali produksi bisa mencapai 125 bungkus. Keuntungannya ,  250-300 ribu.

Sementara pembuat tape lainya Ni Komang Budiasri mengatakan sudah menekuti usaha ini selama 2 th. Pekerjaan pembuat tape hanyalah pekerjaan sampingan. Pkerjaan utamanya , petani rumput laut, “ terangnya.

Tape di pasarkan hanya memenuhi kebutuhan lokal saja, namun di saat para pemedek yang tirta yatra ke Nusa Penida biasanya mampir untuk dijadikan oleh-oleh khas Nusa Penida. Disamping sebagai oleh-oleh juga sebagai bpelengkap es campur.  Bagi pecinta tape pasti ketagihan untuk mencicipi lagi dan lagi. 

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.