Kurangnya Kesadaran Pelajar Akan Tertib Lalu lintas



Dewa Bima memberikan pemahaman tertib berlalu lintas pada siswa(foto-SJD)


Aksi ugal-ugalan yang dilakukan oleh pelajar dijalanan, sudah mereshkan semua pihak .  Saat jam pulang sekolah,  pelajar pun kebut-kebutan dijalanan. Resahan pengguna jalan maupun warga sangat wajar karena tingkat kecelakaan terjadi di Nusa Penida sangatlah tinggi.

Dsihubminfo , Jasa Raharja berserta Polsek Nusa Penida mengadakan sosialisasi tentang tertib berlalulintas bagi para pelajar di SMA Negeri I Nusa Penida, Rabu (23/7/2014).

Kabid Lalu Lintas Dishubinfo Kabpupaten Klungkung I Dewa Gede Wisasta yang akrab disapa Dewa Bima menyampaikan program sosialisasi tertib berlalau lintas di kalangan pelajar sifatnya berkelanjutan. Yang menjadi sasaran siswa yang baru memasuki jenjang SMA (Masa Orentasi Siswa). Memberikan suatu pembelajaran & pemahaman  kepada siswa beitu pentingnya tertib berlalau lintas. Tingginya tingkat kecelakaan terjadi pada anak dibawah umur, “ ungkapnya.

Bagaimana mmberikan suatu motivasi dan penanaman tertib berlallu lintas ? semua itu merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya dari pihak dinas terkait saja namun dorongan orang tua sangatlah penting.

Kegiatan sosialisasi dilakukan berkelanjutan setiap tahun. “ Kita menyasar semua SMA Negeri di wilayah Kabpupaten Klungkung. Pertama kita melakukan sosialisasi di SMA Negeri I Dawan , SMA Negeri I & II Semarapura dilanjutkan SMA Negeri I Banjarangkan, “ tuturnya Dewa Bima.

Daerah kepulauan Nusa Penida sangat kecil namun atensi pengguna jalan berlalu lintas sangat tinggi. Melihat atensi pengguna jalan, kami melakukan sosialisasi di SMA Negeri I Nusa Penida. Kenyamanan dan keselamatan berlalau lintas yang tertuang UU 22 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Meski di Nusa Penida banyak kekurangan segi kelengkapan rambu-rambu lalu lintas , marga jalan. kami sangat berharap kepada penggendara yang usianya di bawah umur dianjurkan berboncenglah ke teman yang sudah cukup umur berkendara, “ pintanya Dewa Bima.

Hal senada disampaikan Sang Ketut Susila Banit Lantas Polsek Nusa Penida mengatakan  kami melakukan tindakan hukum sesuai dengan kondisi yang ada. Sifatnya berupa teguran.  Kalau memanmg tuh tidak diedahkan , tindakan hukum merupakan tindakan terakhir, “ terangnya.

“ mengingatkan kembali bagi pengendara untuk memasang kembali plat motor serta melengkapi surat-surat. Kami arahkan masyarakat yang belum memenuhi kewajibannya untuk mebayar pajak di samsat sekarang. Pengurusan surat sudah tidak ribet lagi nyeberang ke Klungkung daratan. Pelayanan sudah ada di Nusa Penida , “ harapanya.

Sementara Kepala Sekolah SMA Negeri I Nusa Penida I Nyoman Dunia mengatakan kami sangat mengapresiasi kegiatan ini serta berterima kasih kepada Dishub serta Kepolisian menyelenggarakan. Kami berharap kegiatan ini terus dilakukan minimal satu kali dalan setahun. Perlunya kesadaran para siswa akan tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan diri sendiri maupun maupun  pengguna jalan lainya akan budaya tertib berlalu lintas. Kedepannya siswa diwajibkan memiliki SIM, bagi yang belum diharapkan kepada orang tuanya agar segera mengurus SIM anaknya , “ ujarnya.

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.