Zaman Kaset VS Era Youtube



Ketut Pesta dulu adalah distributor kaset BASF Bali Nusa Tenggara. Agar kaset BASFnya laku ia juga sebagai produser.
Ketut Pesta merekrut artis baru untuk membuat album kompilasi. Tercatat artis yang kini tenar seperti Dek Ulik pernah ia produseri. Strategi dengan menjadi produser artis-artis baru cukup sukses mendongkrak penjualan kaset BASF.
“Pernah dalam satu album terjual 100 ribu keping. Dengan penjualan sebesar itu untuk lagu Bali itu cukup banyak memberikan keuntungan kepada distributorproduser, pengusaha rekaman dan artisnya. Namun setelah ada youtube dan MP3 otomatis penjualan turun drastis dan akhirnya ditinggalkan sama sekali”, cerita Ketut Pesta.
Dihubungi terpisah Ketut Sila sebagai arragger sedari zaman kaset sampai sekarang membenarkan perubahan trend itu.
"Sekarang artis trendnya membuat channel di Youtube. Mereka membuat merekam dan video lagunya kemudian mengupload ke youtube. Dari sana mereka tetap menunjukkan existensinya. Dari youtube mereka para pemilik channel bisa mendapat penghasilan dari monetized akunnya."
"Bila subscribe dan yang menonton banyak uang yang dihasilkan cukup besar pula. Persamaannya dengan kaset, sekarang juga ada produser yang berani membeli atau bagus hasil lagu untuk di upload youtube produser tersebut bila suatu karya mempunyai nilai komersial”, Kata pemilik Silahome studio.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.