Politik, Perjuangan dan Pergerakan Di Era Digital



Pada Zaman kemerdekaan selain perang dengan fisik, perang retorika dan agitasi terjadi antara pejuang dan Penjajah. Soekarno adalah tokoh kunci dari agitasi, retorika dan pergerakan itu.
Di India lebih lembut, dipimpin Mahatma Gandhi dilakukan perlawanan dengan tanpa kekerasan. Gandhi menyebutnya dengan pembangkangan sipil terhadap pemerintah Inggris.
Caranya masyarakat India diajak tidak patuh terhadap pemerintah Inggris. Mereka masyarakat India kemudian membakar pakaian dan memproduksi pakaian sendiri dengan diteladani Gandi, ia juga memproduksi garam, sehingga pabrik garam dari hasil pabrik Inggris tidak terbeli.
Hasilnya Inggris marah, pembatantaian terjadi. Tapi justru itu memantik simpati dunia pada India.
”Mereka read Tentara Inggris akan menyaksikan sendiri aksi kekerasannya sebagai sesuatu yang keji dan salah”, ungkap Gandhi.
Akhirnya pembangkangan sipil ala Gandhi membuat India merdeka. Tidak hanya itu gerakan non violence itu mengilhami semua negara merdeka, termasuk menginspirasi Marthin Lether King pejuang dari kulit hitam terhadap isu Ras Kulit Hitam dan Putih atau yang disebut apartheid.
Kini era penjajahan, perjuangan dan pergerakan dengan pembangkan sipil dalam perpolitikan dunia tetap menjadi bagian sejarah dunia. Namun di era digital landscape politik banyak berubah.
Lihat saja kemenangan Donald Trump di Amerika karena Bocornya data facebook dan twitter oleh Cambridge analisis, Donald Trump menang. Padahal kalau tidak bocor belum tentu menang dari Hilary Clinton Dan Peta politik dunia berubah karenanya.
Di Indonesia perjuangan, pergerakan dan perpolitikan dekat pilpres terjadi, perang cyber terjadi. Baru kemarin terjadi aksi boikot dengan uninstall bukalapak. Itu adalah aksi balasan cuitan sang CEO Bukalapak Achmad Zaky yang seolah meniadakan kemenangan Jokowi dengan menyebut terpilihnya Presiden Baru.
Akhirnya dengan tanpa pengerahan massa Zaky minta maaf. Tanpa darah, pengerahan massa, tinggal menjentikkan jari yang di mobilisasi musuh tak berkutik. Itupula menunjukkan netizen jangan dianggap enteng. Itulah perjuangan, pergerakan dan politik diera digital.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    di IONPK.ORG.:)
    pin BB : 58ab14f5 , di add ya...:D
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah.
    Dijamin seru dan menghasilkaN IONPK.ORG

    ReplyDelete

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.