Masyarakat Nusa Penida Masih Berkeinginan Budidaya Rumput Laut


demplot rumput laut di Lembongan sangat bagus untuk dikembangkan lebih lanjut 

NUSA PENIDA – Tiga tahun terkahir keberadaan rumput laut di kecamatan Nusa Penida menurun. Disinyahir factor alam penyebab merosot produksi rumput laut. Daerah pesisir rumput laut merupakan andalan penopang kehidupan pesisir. Sejak itu, warga yang biasa bekerja sebagai petani rumput laut beralih pekerjan lainya. Sisi lain, pariwisata kecamatan Nusa Penida berkembang pesat sehingga warga yang dulunya sebagai petani rumput laut beralih sebagai pekerja pariwisata atau penopang pariwisata dan buruh bangunan.

Menurut survey yang dilakukan di Nusa Penida, sebagian besar masyarakat masih menginginkan rumput laut berjaya seperti dulu dan menginginkan berbudidaya lagi. Namun karena hasil produksinya sering kena penyakit ice-ice dan harga tak menentu hal itu menyebabkan masyarakat ragu kembali melaut. Mereka takut merugi dan banyak dari mereka beralih profesi.

Menjawab keraguan masyarakat, pemerintah daerah kabupaten Klungkung melalui dinas Perikanan dan Kelautan membuat demplot atau percontohan untuk menguji hasil produksi rumput laut.Menurut I Wayan Suarbawa sebagai pelaksana lapangan, Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan demplot pada bulan April 2018. Itu dilakukan di Semaya, Batununggul dan Lembongan.

“ Hasilnya cukup bagus.Namun hasil demplot ini perlu diperpanjang waktunya agar validitasnya lebih akurat berdasarkan siklus tahunan rumput laut, “ ujar Suarbawa, Senin (17/12).

Selain demplot, melalui Yayasan Kalimajari Wayan Suarbawa juga ikut andil melatih petani untuk mengolah hasil rumput laut menjadi berbagai produk. Mulai menjadi krupuk, Sabun, Sirup,Selai, Handbody dan makanan ringan lainnya.
"Harapannya bila serius itu bisa menjadi home industri dimana produknya mensuport pariwisata Selain itu aktivitas rumput laut bisa dijadikan tour wisata ke Nusa Penida. Pokoknya rumput laut dan pariwisata bisa saling menguatkan bersinergi, bukan saling meniadakan“, pesan Suarbawa.(*)


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.