Masih banyak Aksi Pengeboman Karang di Nusa Penida




 nelayan tertangkap mancing di zona inti (foto/SJD)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Nusa Penida adalah satu dari 21 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) . Gugusan pulau yang terdiri dari Nusa Lembongan , Nusa Ceningan & Nusa Penida yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Koservasi Perairan (KKP).
Dalam patroli yang dilakukan team KKP masih banyak terdapat pelanggran dilakukan terutama zona inti dan zona pariwisata. lego jangkar serta pembuaruan satwa yang menjadi daya tarik wisata saat diving di Manta Piont. Pemburuan manta banyak dilakukan saat malam hari. “ Paling kita takutakan yakni pengemboman karang . pengeboman sangat berbahaya bagi kelangsungan terumba karang, “ ujar Ketua Team Patroli I Nyoman Sangging, SP, Selasa (18/11/2014).
Sangging yang juga Kepala UPT. Peternakan , Perikanan dan Kelautan (PPK) Kecamatan Nusa Penida  mengatakan aksi pengeboman yang dilakuan para nelayan yang tidak bertanggung jawab sangat sulit kita hindari. Apalagi dilakukan pada malam hari. Kita hanya bisa patrol pada siang hari saja. keterbatasan alat menjadi kendala. Zonasi di Nusa Penida sangat luas, sangat sulit patrol pada malam hari terutama Manta Point , belum lagi cuaca yang tidak menentu. Lokasi ini langsung berhadapan dengan Samudra Indonesia.
Dia menambahkan kita merencanakan patrol malam yang berkerja sama dengan semua pihak yang dilibatkan baik unsure TNI-AL &  Pol-Air. Mudah-mudahan cepat terealisasi agar aksi pengeboman bisa ditekan. Untuk daerah pesisir utara Nusa Penida diharapakan warga juga proaktif untuk menjaga kelangsungan terumbu karang, “ pintanya.
Sementara salah satu warga Jungutbatu I Made Tono mengatakan pada malam hari perairan Jungutbatu banyak nelayan yang beraksi pengeboman namun saking banyaknya aktifitas pantai nelayan tersebut urung niatanya untuk melakukan aksi.
Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.