Jalan Lingkar Peran Masyarakat Dibutuhkan


pembahasan studi kelayakan jalan lingkar Fakultas Teknik Unud yang dimediasi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama tokoh masyarakat (foto/SJD)
 
Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)

Nusa Penida salah satu gugusan pulau yang terletak di tenggara Bali yang dipisahkan selat Badung. Dari gugusan pulau tersebut terdiri dari tiga pulau yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan & Nusa Lembongan. Secara administrative masuk wilayah Kebupaten Klungkung. Dari luas Kabupaten Klungkung sepertiganya ada di Nusa Penida. 

Secara perlahan Nusa Penida beransur –ansur mulai Nampak kemajuan, namun dari segi infratruktur masih belum diimbangi. Kondisi jalan sangat jauh dari standar kelayakan, Senin (10/11/2014). 


 warga keluh kesah masalah Nusa Penida kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Balai Desa batumadeg (foto/SJD)
 
“ jalan lingkar sudah dilakukan studi kelayakan dan amdal pembangunan , namun bisa dipahami dan dimengerti biar nanti masyarakat tidak complain masalah pembebasan lahan. Jalan lingkar yang banyak membutuhkan lahan , dengan lebar 20 m dari Sebunibus (Desa Sakti)sampai Soyor (Desa Sekartaji ) 30,5 km. proses pembebasan lahan jangan masyarakat memanfaatkan situasi ini,  agar tidak terjadi cerita miring.  Harus kawal bersama karena pengadaan lahan sangat riskan , jangan ikut-ikutan .  sementara jalan  Ibukota Kecamatan (IKK) agar dilanjutkan , mengingat keroditan terjadi di Pasar Mentigi , “ sambutnya Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat temu wirasa di Batumedeg.

Tokoh masyarakat I Gede Wenten mengatakan jalan lingkar salah satu mengatasi kesenjangan wilayah dukungan masyarakat sangat penting agar proses ini lebih cepat . seperti contoh jalan bypass Ida Bagus Mantra prosesnya sangat panjang membutuhkan waktu 25 tahun. Jika masyarakat berpartisipasi 4 tahun akan terlaksana agar tidak yang tua tidak pernah meiihat jalan lingkar , “ ungkapnya.

Oleh : Santana Ja Dewa 

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.