“ Sekaa Bondres Sumpangan Ring Karna “ Ngayah di Batununggul


 Batununggul (wakalaba.blogspot.com)
Upacara ngadegang yang merupakan upacara dilaksanakan setahun sekali yang bertepatan dengan purnama sasih keulu di Banjar Batununggul , Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul.  Uapacara ngadegang hampir sama dengan uapacara piodalan yang laianya, Tapakan Ida Bhatara Ratu Gede, Ratu Mas, Ratu Ayu nyejer 3 hari dari dari tanggal 14-17 Februari. 

Malam Hari biasanya warga setempat dihibur dengan berbagai pertunjukan seni. Seperti pada hari Minggu malam, ( 16/2/) kemarin Sekaa Bondres “ Sumpangan Ring Karna “ ngaturang ayah bakti. Sekaa bondres ini merupakan perkumpulan STT Sila Jaya yang berada di rangtauan terutama di Denpasar. Antusias para warga nampak dari balai banjar nampak rame. 

Koodinator Sekaa Bondres I Dewa Made Adi Wisarja mengungkapkan sekaa ini dibentuk berawal dari kecintaan akan seni terutama pertunjukan bondres. Kebetulan saya merupakan mahasiswa ISI Denpasar . Sekaa ini pernah tampil di piodalan Pura Puseh setempat. Kali ini mengambil judul sayembara putri raja, “ ungkapnya.

Sementara Ketua STT Sila Jaya I Dewa Gede Ikang Astawa mengungkapan sangat aspiratif dengan kreatifitas yang dilakukan sekaa bondres ini yang merupakan sekaa teruna kami yang ada di Denpasar.  Kami berharap agar sekaa ini berkelanjutan dikemudian hari . kebersamaan  seperti ini perlu dipupuk agar  kratifitas dalam hal seni terus tergali. Ini terlihat dari pengiring penabuh juga dari kalangan sekaa teruna, “ ungakanya Ikang.

Oleh : Santana ja Dewa



Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.