Musrenbangcam “ banyak usulan gagal terbentur anggaran “

musrenbangcam jauh beda dari sebelumnya bertempat di ruang rapat camat.

Batununggul ( waklaba.blogspot.com)
Terlihat suasana yang berbeda dalam musrenbangcam kali ini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya hal ini disebabkan karena antusias para perserta sangat tinggi terlihat dari jumlah peserta yang hadir jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.  Bahkan  terkesan sangat  meriah karena dihadiri oleh empat DPRD Kabupaten Klungkung dapil Nusa Penida antara lain I Made Wijaya, I Wayan Baru, I Wayan Misna serta I Ketut Suwerni. Turut juga hadir Ketua Bappeda I Gusti Agung Putra, Muspida, SKPD, Muspika Kecamatan Nusa Penida, Camat Nusa Penida, Perbekel se-Nusa Penida serta perangkat Desa.

Dalam sambutannya Ketua Bappeda I Gusti Agung Putra , Kamis ( 27/2/2014),menyampaikan sangat mengapresiasi kehadiran peserta jauh berbeda dari sebelumnya.  Ditambah dengan rasa semangat yang meledak-ledak untuk membangun Nusa Penida yang selama ini dirasakan mengalami ketimpangan dalam hal pembangunan infrastruktur. Maka dari itu banyak usulan yang tidak terealisasikan yang disebabkan  oleh beberapa hal seperti minimnya anggaran dan letak geografis,  Perlu digaris bawahi usulan yang lama terpendam terutama usulan jalan hotmix tidak terealisasi (gagal tender). Disamping itu jalan yang sempit dan belum adanya jalan arternatif juga akan menjadi penghambat dalam proses pelaksanaan proyek tersebut. “ ungkapnya.

 Begitu banyaknya usulan tidak semuanya terealisasikan mengingat APBD Klungkung kecil, sehingga dari beberapa usulan yang termasuk emergency akan menjadi prioritas seperti penanggulangan abrasi yang terjadi di sepanjang pantai Toyepakeh sampai Semaya. Bukan hanya itu Nusa Lembongan juga mengalami hal yang serupa. Di tahun 2013 APBD Kabupaten Klungkung hanya sebesar 710,7 miliar jauh lebih kecil dari gaji pesepak bola top dunia. Maka dari itu perlu adanya peningkatan PAD yang sesuia dengan visi Bupati agar pembangunan infratruktur di Nusa Penida dapat terlaksana dan bukan menjadi wacana semata, “ imbuhnya.

Salah satu usulan dari Perbekel Desa Lembongan I Nyoman Murta sangat menyayangkan beberapa tahun terakhir usulan yang sama sering dilontarkan sehingga terkesan seperti perayaan ulang tahun. Dengan image begitu perlu adanya perubahan yang riil, lama kelamaan musrenbangcam hanya akan menjadi seremonial yang menimbulkan kejenuhan bagi  semua para perbekel, “ berangnya Murta yang juga Ketua Forum Perbekel Nusa Penida.

Sementara DPRD Klungkung I Wayan Baru mengungkapkan bahwa pada intinya semua anggota Dewan sepakat mengawal usulan dari musranbangdes namun hal tersebut terkendala oleh APBD yang minim. Dalam pembangunan perlu adanya anggaran sehingga perlu adanya peningkatan pendapatan. Sudah sepantasnya Nusa Penida dipermak agar investor tertarik menanam modalnya sehingga dapat menekan angka pengangguran di masyarakat dan mengembalikan tenaga kerja yang selama ini berkerja di kota agar dapat kembali ke daerahnya. Selama ini Nusa Lembongan yang menjadi lumbung pendapatan sepantasnya diperhatikan. Mudah-mudahan Bupati sekarang bisa meningkatkan PAD sehingga pembangunan infratruktur benar-benar terlaksana, mengingat infratruktur yang ada sekarang hampir 90% dalam keadaan rusak parah, “ tuturnya.

Oleh : Santana Ja Dewa



Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.