Bimtek Gerbangsadu Mandara (BUMDES) “ pemberdayaan masyarakat yang mandiri”



Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diikuti seluruh kepala desa dan BPD di se-Kecamatan Nusa Penida digelar di ruang rapat UPT terpadu, Jumat (14/2/2014).

 pemaparan materi tentang bintek BUMDES

Ir.  I Ketut Linhadnyana, MMA  Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat  Pemprov Bali  dalam sambutannya menyampaikan  pemantapan BUMDES agar secara mekanisme ketentuan  pengelolaan bisa terpenuhi ketentuan yang ada. Bahwa mengentaskan kemiskinan melalaui gerbangsadu tidak cukup hanya digelontorkan bantuan  riil saja namun diperlukan aspek pemberdayaan yang terpenting akan terwujud kemandirin. Yang mana perlu dibantu agar tepat sasaran. Oleh karena itu melalui bimtek Bumdes sekaligus mengingat kepada perbekel , manager Bumdes serta tokoh masyarakat bahwa program gerbangsadu agar satu print yang sesuai potensi yang ada. Dengan sentuhan pengemasan pasti potensi bermunculan yang berkelanjutan, potensi tersembunyi ibarat mutiara pasti berkilauan kalau bisa berkembang kami nyakin bisa mengentaskan RTS,” ujarnya.


 Salah satu daripada pelatihan adalah untuk meminilisir hal-hal yang tidak dinginkan terjadi walaupun sudah terjadi di salah satu perbekel di Nusa Penida .Merupakan satu inseden yang nantinya tidak terjadi lagi.  Yang perlu diperbaiki pola serta sistemnya agar pencegahan dini melalui web & gsm call center.  Keluhan , penataan & pengelolaan agar bener bener teratasi dengan cepat. Mengentaskan kemiskinan merupakan pekerjaan yang mulia melalui gerbangsadu serta keberpihakan tokoh masyarakat sangat andil didalamnya antar sektor, antar wilayah,” imbuhnya Adnyana.

Sementara I Made Murta Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Pemprov Bali Bumdes sebagai lembaga usaha desa yang membantu permodalan dan usaha ekonomi masyarakat. Masalah desa merupakan masalah kompleks. Desa sebagai ujung tombak pemerintah, sehingga peran pemerintah sangat dibutuhkan sebagai wujud otonomi desa menuju kesejahteraan Bumdes sebagai salah satu lembaga yang telah terbukti mampu mengangkat derajat ekonomi masyarakat pedesaan. Keberadaan Bumdes mencegah masuknya praktek lintah darat dan dapat membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran,” terangnya.

Oleh : Santana Ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.