Stok Makanan Berkurang Pemukiman Warga jadi Serbuan Kera




Nusa Penida (waklaba.blogspot.com)
 Beberapa tahun belakangan ini makanan kera sudah mulai berkurang. Hal ini membuat kera yang ada di sekitar Nusa Penida terutama perbukitan mulai kehabisan stok mankanan membuat ladang para petani diserbu para kera, sampai-sampai ke pemukiman warga. Dengan begitu warga merasa was-was keberadaan ribuan kera yang meneror warga.

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Nusa penida I Gede Tanjung saat dikomfirmasi, Sabtu (4/1/2014) minimnya ketersedian makanan disekitas hutan membuat masuk kepemukiman bahkan kera ini kerap mengganas. Tingkat populasi kera sangat cepat, sempat kemarin dengan cara memandulkan kera tapi sayang tidak bisa terlaksana,” ujarnya.


 

  garapan lahan pertanian menjadi santapan kera, setelah habis kera menyerang pemukiman warga.  Warga pun tidak bisa berbuat banyak.  Jika kera langsung dibunuh dinilai kurang efektif malah menjadi sorotan dari LSM pemerhati hewan.  Toh kalaua dibiarkan warga merasa tidak tenang malah jadi teror sewaktu-waktu.”


Hal sama disampaikan tokoh masyarakat lainya I Gede Putu Santiasa meyampaikan memang sulit untuk menekan jumlah populasi kera di Nusa Penida. Dia berpendapat solusi yang tepat yakni menanam  buah-buahan di tanah milik negara. Disamping itu kesadaram warga akan menanam buah-buahan terut andil dalam hal ini, “ harapnya Santiasa.

Oleh : Santana Ja Dewa























Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.