Piodalan Pura Dalem bertepatan Bumi Sudha Tilem Keenem



Batununggul (waklaba.blogspot.com)
Serangkain piodalan di Pura Dalem Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul yang jatuh pada Rahina, Budha Kliwon Wuku Matal. Acara piodalan diawali dengan pelastian di Segara setempat berlangsung dibawah gerimis hujan, Rabu( 1/1/12014) .

 PKK menari Tari Pendet saat tiba Upacara pelastian

Hal ini disampaikan Bendesa I Dewa Nyoman Yusa piodalan kali sangat istimewa karena bertepatan dengan penuduhan Bumi Sudha Tilem Keenem yang jarang sekarang bertemu. Apalagi upacara ini dibarengi dengan pemplaspas tembok penyengker prajepati yang sudah diplaspas jam 12 siang. Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul diempon 5 banjar yakni Banjar Mentigi, Sampalan Geria Tengah, Batununggul serta Tainbesi yang secara bergilir nyangra piodalan, “ ujarnya Yusa.
“ penuduhan Bumi Sudha Tilem Keenem Desa Pakraman kami sudah melakukan lebih dahulu ini dilaksanakan setiap setahun sekali bertepatan dengan tilem sasih keenem, tujuannya tiada lainya mengantisipasi adanya bencana seperti tanah longgsor, banjir, abrasi dan bencana lainnya yang diakibatkan perubahan cuaca atau cuaca ekstrem. “Upacara ini adalah untuk mengantisipasi bencana. Upacara ini dilangsungkan tanggal 2 januari 2014 karena krama banjar penyanggra piodalan masih rangkain piodalan serta plaspasan tembok penyengker prajepati,” jelasnya Yusa.


Selanjutnya upacara Bumi Sudha Tilem Keenem dilakukan nunas tirta Pura  Sad Kayangan yang ada di Nusa Penida. Semua tirta ini akan dicampur pada saat penyineban piodalan dibagikan kepada seluruh krama Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul.

Oleh : Santana ja Dewa


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.