Kurangnya Pemeliharaan Kincir Angin Mubazir justru Mebahyakan



Batukandik (waklaba.blogspot.com)
Proyek Pembangkit listrik tenaga angin keberadaannya makin mengawatirkan.  Pembangkit ini tepatnya berada di Banjar Rata Desa Batukandik. Kurangnya pemeliaraan yang menyebkan proyek ini mubazir, kalau ini dimaksimalkan , Nusa Penida tidak kekurangan daya listrik bahkan menyuplai ke daerah Bali.  Seakan-akan proyek ini menjadi proyek percontohan saja serta buang-buang uang saja.  Tidak kincir angin saja yang mengalami nasib yang sama seperti sel surya yang berada di sekitaran Puncak Mundi .


Hal ini disampikan tokoh masyarakat I Gede Tanjung saat dikomfirmasi, Mingggu (12/01/2014) menyampaikan dari sembilan kincir angin yang ada semuanya tidak berfungsi. Parahnya lagi baling-balingnya copot serta tumbuhan liar yang tumbuh subur di arel panel.  Kurangnya perawatan penyebabnya.  Padahal proyek ini sebagai energi listrik yang ramah lingkungan serta terbarukan, “ terangnya.
Tanjung menambahkan Nusa Penida selama ini selalau dijadikan proyek percobaan oleh para pejabat yang tidak diimbangi dengan perencanaan yang matang. Sama halnya dengan proyek listrik tenaga angin yang akhirnya tidak maksimal untuk membantu masyarakat. Bahkan membahyakan masyarakat ketika angin besar datang. Tanjung berharap agar semestinya sebuah sebuah proyek apapun itu harus ada perencanaan, pelaksanaan serta pemeliharaan yang berkelanjutan. Disayangkan kurangnya maksimal pemeliharaan yang akhirnya mubazir, “ harapnya. 

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat I Gede Putu Santiasa proyek ini merupakan salah satu pengembangan energi yang mandiri di Pulau Nusa Penida yang letaknya dipisahkan oleh lautan. Rencananya proyek ini menjadi percontohan pulau yang mampu menggunakan energi ramah lingkungan . Dengan begitu proyek ini akan digadang-gadang menjadi destinasi wisata energi di Bali. Namun fakta berbicara lain, proyek ini justru mubazir, “ berangnya Santiasa.

Oleh : Santana Ja Dewa
Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.