Pawai Ogoh-Ogoh, Wisatawan Ikut Mengarak


Wisatawan ikut nimbrung ngarak ogoh-ogoh (foto/sjd)

Suasana ngarak ogoh-ogoh pada saat pengerupukan kian menarik perhatian warga, tak hanya itu wisatawan terkesima pergelaran budaya tersebut. Bahkan dari mereka ikut mengusung ogoh-ogoh dan sebagain mengabadikan moment tersebut. Berbagai ragam bentuk maupun ukuran ogoh-ogoh, seperti di Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul. Semarak ngusung ogoh-ogoh meriah warga tumpah ruah menyaksikan, warga lokal membaur dengan warga lainnya.
Menurut Bendesa Pakraman Dalem Setra Batununggul, I Dewa Ketut Tayanegara menyampaikan kehadiran wisatawan menjadi spesial kita dimana pengelaran ngarak ogoh-ogoh menarik buat mereka. Partisipasi semua sekaha teruna dengan berbagai kreasinya melibatkan sepuluh ogoh-ogoh mengitari tapal batas desa. Banyaknya ogoh-ogoh tersebut agar tertib, kita melakukan rapat sebelumnya bagaimana mekanisme pengarakannya. " Kita sangat mengapreasi kreasi sekaha teruna, dengan begitu mereka terjembatani kreasi dan karya mereka. Ini artinya antusias mereka sangat tinggi, kita fasilitasi mereka agar berjalan dengan aman tertib dan berjalan lancar, " ujarnya.
Tayanegara terkesima melihat wisatawan ikut larut dalam pergelaran ini, bahkan dari mereka ikut mengusung ogoh-ogoh. Melihat antususian mereka (wisatawan, red) keselarasan destinasi pemandangan alam dan budaya berjalan mengalir sehingga kedepan perlu kita tata lebih menarik dan meriah. " Tahun depan kita menyuguhkan pergelaran tertata lebih rapi," pintanya.

Sedangkan tempat terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Dinas Pariwisata Klungkung, Tjokorda Gede Romy Tanaya mengatakan moment pengerupukan dengan pawai ogoh-ogoh sudah menarik perhatian wisatawan. Menggeliat pariwisata, lebih lagi kegiatan budaya selaras wisata alam adalah kalaborasi yang kita dambakan. Dinas sangat senang karena moment seperti ini sekali dalam setahun, bahkan ikut berpartisiapasi mengarak ogoh-ogoh berarti wisatawan menyelami budaya. " Menjadikan moment ini untuk dipromosikan oleh pengelolaan pariwisata yang ada sebagai atraksi tahunan sekaligus tamu yg mereka datangkan ikut pawai dan mengarak ogoh ogoh dengan masyarakat setempat," ujarnya.

Kami merasa senang menyaksikan atraksi budaya dan beruntung moment ini tidak bisa dilewatkan. Kami terkesima, terharu melihat semangat warga disini," kata Wisatawan asal Amerika Serikat Sarah Zohreh dan Matthew Thomas. *


Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.