Pelestarian Penyu, KKP Nusa Penida Gandeng Desa Pakraman



pelepasan penyu saat selepas upacara melasti di pantai Pura Dalem setempat (foto/sjd)


BATUNUNGGUL, Satwa peyu salah hewan yang dilindungi, keberadaannya diambang kepunahan. Guna melestarikan keberadaan hewan satu ini, pihak UPT. Kawasan Koservasi Perairan Nusa Penida menggandeng Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul. Kerja sama tersebut juga melibatkan Green lion dan Yayasan Kura Kura Nusa Penida.

Menurut Kepala UPT. KKP Nusa Penida, I Nyoman Karyawan mengatakan kerja sama ini salah satu wujud kepedulian kita terhada satwa penyu. Dipilihnya desa pakraman dalam hal kerja sama tiada lain karena informasi lebih dekat, sosialisasi lebih gampang dan awig-awig tentang keberadaan satwa langka.
" tidak tutup kemungkinan kita akan berkerja sama dengan desa pakraman lainya terutama daerah pesisir tentu melihat penyu kita miliki," kata Nyoman Karyawan saat pelespasan penyu dan tukik yang dilangsungkan di pantai bertepatan dengan upacara piodalan pura Dalem setempat, Rabu [14/6] kemarin. 

Sementara Bendesa Pakraman Dalem Setra Batununggul I Dewa Ketut Tayanegara menyambut baik kerja sama ini. Ia mengatakan komitmen kita menjaga kelestarian satwa langka. Sebagai daerah yang sedang berkembang pariwisata tidak terlepas dari perairan keseimbangan ekosistem musti digemakan. Selain itu penyu sendiri merupakan hewan yang disucikan.

" Rangkaian acara telah lama dinanti kami, kerja sama merupakan gayung bersambut bagi Krama Desa merupakan sumbangsih rasa perhatian terhadap satwa langka agar bisa berkembang dan lestari di laut lepas dan terus beranak pinak. Sehingga anak cucu dan generasi kita seterusnya bisa melihat satwa langka sekaligus disucikan ini," tutupnya.(*

Share on Google Plus

wak laba

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

http://waklaba.blogspot.com/. Powered by Blogger.